twitter
googleplus
facebook

Belajar SEO Blogger Untuk Pemula

Ahooii sobat, pada postingan kali ini admin pengen belajar tentang SEO. Ayo sapa mau belajar bareng.??hehe maklum admin kan masih newbie jadi ya harus belajar sama ahlinya dan sudah malang melintang di dunia perbloggeran hehe. 
ok tanpa basa basi lagi kita mulai belajarnya, disini kita akan membahas tentang pengertian SEO, Manfaat SEO, dan beberapa teknik dalam SEO yang sering dipakai oleh para masternya (dikit aja dulu yee hehe).
SEO (Search Engine Optimization)
Tapi sebelum saya mulai saya mau mengulas dulu tentang sebuah pendapat yang menanyakan apakah ada perbedaan antara SEO blogspot, Wordpress, ataupun website PHP, dan lain-lain? Menurut saya pribadi tidak ada bedanya. Google menetapkan sebuah standar Search Engine Optimization di dalam algoritmanya, dan kita harus memenuhi standar itu apapun platform blog atau website kita. Jadi sebenarnya belajar SEO blogspot sama saja belajar SEO Wordpress, hanya saja tools untuk mewujudkannya berbeda.


Apa itu SEO? – Pengertian dan Definisi SEO

SEO atau kepanjangan dari (Search Engine Optimization) adalah suatu cara atau teknik untuk membuat situs atau blog kita berada pada halaman/posisi satu di mesin pencarian (search engine) seperti Google, Bing, dan Yahoo.

Pengertian dari SEO juga sangat luas tetapi semuanya mencakup hal yang sama yaitu mengoptimisasi suatu halaman website/blog agar berada pada halaman/posisi satu di search engine dengan kata kunci yang ditarget.

Contoh SEO

Saya mempunyai sebuah artikel di website ini yaitu “cara membuat jaringan warnet”, kemudian saya optimasi halaman artikel tersebut dengan teknik SEO yang saya gunakan dan dengan mentarget kata kunci “cara membuat jaringan warnet”, setelah saya optimasi dengan baik alhasil halaman tersebut dapat ranking satu dengan kata kunci yang saya target tersebut.

Manfaat SEO On Page

Seperti yang kita tahu SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari.
Jadi manfaat yang kita dapatkan dari SEO itu antara lain :

1. Meningkatnya kualitas trafik
Menurut saya dengan kita pengoptimalkan SEO dari pagi, siang dan malam tak hayal kita akan mendapatkan kualitas trafik yang berkualitas dari google, yahoo dan bing.

2. Meningkatkan popularitas blog
Dengan pengoptimalan SEO yang baik tak jarang juga blog kita berada di halaman pertama di SERP dan dapat mudah di kenali.

3. Meningkatkan sebuah bisnis online
Sudah pasti bisnis online kita akan dapat pelangan-pelangan baru.

4. Tambahan sitelink dar google
Dan blog kita dapat penilaian khusus yang diberikan Google.

Jadi apa yang akan dibahas di bawah ini berlaku bagi semua platform blogging. Secara garis besar, SEO Google, Yahoo, Bing, dan search engine lainnya dibagi menjadi 3 bagian:
  1. Optimisasi Onpage
  2. Optimisasi Offpage
  3. Menghindari Pelanggaran
Sebelum saya menjelaskan ketiga bagian besar di atas, maka yang tidak kalah pentingnya adalah proses memulai blog itu sendiri. Ada 2 hal yang sebaiknya anda perhatikan dalam memulai blog sobat, silahkan sobat baca artikel dibawah ini :
  1. Buatlah blog yang anda minati dan kuasai temanya
  2. Lakukan riset kata-kata kunci terbaik untuk artikel blog anda
Kedua artikel tutorial SEO di atas, terutama tentang riset kata kunci sangat saya rekomendasikan untuk dibaca. Tapi bacanya nanti saja, sebaiknya anda lanjut dulu membaca agar bisa mendapatkan gambaran besar dari Search Engine Optimization itu sendiri.

Sampai di titik ini saya anggap anda sudah menentukan blog apa yang akan anda buat. Anda juga sudah menentukan kata-kata kunci apa saja yang akan anda masukkan dalam posting di blog anda. Jadi tahap berikutnya adalah ....

1. Melakukan Optimisasi Onpage pada blog anda.
 
HTML
HTML blog anda haruslah membantu robot search engine untuk mengenali isi dari artikel. Ada beberapa HTML yang bisa membantu Robot. Menurut lokasinya kita bagi menjadi HTML pada bagian HEAD, dan HTML pada bagian BODY.

HTML pada bagian HEAD, yaitu:
  • Pasang Title Tag mengandung kata kunci tepat di bawah kode <head>, ini seperti papan nama pada sebuah tokoh, jadi jangan sampai tidak ada.
  • Pasang meta description di bawah title tag di atas.
  • Pasang meta verifikasi Google Webmaster Tools. Silahkan baca di cara menggunakan Google Webmaster Tools.
  • Pasang kode tracker dari Google Analytic pada blog anda. Silahkan baca cara daftar Google Analytic.
HTML pada bagian BODY, yaitu:
  • Heading - Anda bisa memberi label h1 - h6 untuk menyatakan tingkat pentingnya sebuah frasa atau istilah. Dari h6 sampai ke h1, menyatakan frasa tersebut semakin penting.
  • Bold - Bold atau cetak tebal juga kerap dipakai untuk menyatakan suatu frasa dalam paragraf adalah sebuah bagian yang penting.
Lebih detil tentang memasang title tag, meta tag, dan heading tag bisa saudara baca dengan mengklik link yang diberikan.

STRUKTUR BLOG

Struktur blog harus bisa dapat dirayapi oleh robot search engine seperti Google, oleh karena itu....
Hindari penggunaan meta robots apapun jika anda hanya ingin diindeks. Pastikan juga kecepatan blog terbuka tidak ada gangguan. Semakin lama blog anda terbuka, maka poinnya akan semakin berkurang juga. Jika ada script atau gambar yang memberatkan proses terbukanya blog sebaiknya dihapus saja. Semua URL harus dapat dijangkau oleh robot perayap search engine, tidak lebih dari 3 klik dari beranda blog

KONTEN / ISI BLOG

Konten atau isi blog adalah sesuatu yang harus menjadi fokus perhatian saudara. Tutorial SEO di blog saya ini sudah beberapa kali menekankan pentingnya konten atau isi blog ini. Perhatikan 4 hal yang harus anda perhatikan dari konten saudara.  Dalam membuat konten atau artikel haruslah berkualitas. Jika anda hendak blogging dalam waktu lama, artikel berkualitas tiap tiga hari sekali masih lebih baik daripada artikel asal jadi setiap hari.

Konten atau Artikel blog haruslah mampu membuat pengunjung betah dan lebih baik lagi jika mereka membuka artikel lain untuk membaca. Ini mempengaruhi faktor waktu kunjungan dan jumlah halaman yang dilihat dari blog anda. Artikel dan Konten harus selalu update, jadi jika anda bisa rutin melakukan posting, walaupun cuma sekali dalam tiga hari, maka lakukanlah. Tapi harap perhatikan bahwa kualitas dari konten tetap yang utama. Anda juga bisa mencoba melakukan review pada artikel lawas anda. Jika posisinya mulai jatuh, maka buatlah versi baru, dengan memasang link ke artikel lawas anda.

Penyebaran Kata Kunci dalam artikel sewajarnya saja. Tidak ada yang namanya faktor kerapatan 3%, atau 4% dan sebagainya. Jika anda sudah mengulanginya tiga kali dan diberi penebalan (bold), maka Google sudah akan memandang itu penting. Walaupun tidak ada keyword density, tapi ada yang namanya keyword stuffing (penumpukan kata kunci), hindari yang satu ini.

2.  Melakukan Optimisasi Offpage Pada Blog Anda.

Links
Link itu juga diukur kualitasnya dengan menggunakan beberapa parameter. Semakin berkualitas backlink yang anda dapatkan, maka semakin baik pula poin halaman web saudara
Text Jangkar haruslah mengandung kata kunci yang anda inginkan. Harus anda perhatikan bahwa Text Jangkar ini haruslah beragam. Jika bisa membuat 10 variasi text jangkar, itu akan baik sekali
Jumlah backlink pada dasarnya tidak dibatasi, tapi pertambahannya harus cenderung konsisten.
Dapatkan traffic dari Social Network, karena dengan adanya kode tracker dari Google Analytic yang telah saya tuliskan di atas akan membuat kunjungan dari luar Google pun menjadi penting bagi SEO.
Social Bookmark juga penting. Jika anda bisa mendaftar dan mendapatkan vote untuk blog anda, maka blog anda akan ditampilkan di halaman-halaman social bookmark yang notabene pagerank dan alexanya sangat baik

Hindari Melakukan Hal-Hal Negatif Berikut
  • Jangan memberikan link ke sembarang situs, karena jika situs itu melanggar ketentuan Google, anda juga akan terkena pengurangan poin.
  • Jangan melakukan penumpukan kata kunci. Lakukan dengan alami saja, karena algoritma Google saat ini semakin canggih dan kompleks. (Bermain aman sangat dianjurkan)
  • Jangan membuat artikel yang tidak bermutu. Setidaknya buatlah artikel tidak kurang dari 500 kata.
  • Jangan melakukan Cloaking, di mana anda memberikan halaman yang berbeda untuk dilihat robot, dan dilihat oleh pengunjung. Sanksinya sangat fatal yaitu banned dari Google
  • Jangan membayar situs apapun untuk memberi link kepada anda. Jika anda masih punya waktu sebaiknya link anda pasang sendiri. Ini juga sanksinya berat yaitu banned. Google saja pernah membanned dirinya sendiri, di mana Google Jepang hilang dari indeks, karena pelanggaran oleh karyawannya.
  • Jangan membuat warna tulisan sama dengan warna latar sehingga ada tulisan yang tidak terbaca oleh mata manusia.
  • Jangan memakai iframe seperti chatbox di halaman yang anda inginkan bersaing dalam kata kunci kompetisi medium, karena iframe dipandang sebagai spider trap dan bisa sangat mengurangi poin.
  • Flash banner dan sebagainya tidak terlalu disukai oleh mesin pencari, jika tidak terlalu perlu sebaiknya hindari
Jadi kurang lebih ini yang bisa disajikan di dalam Tutorial Belajar SEO Blogspot (Pemula) kali ini. Tapi bagi yang masih sangat newbie, tulisan di atas bisa jadi masih membuat pusing.
  • Title : Belajar SEO Blogger Untuk Pemula
  • Labels :
  • Author :
  • Rating: 100% based on 10 ratings. 5 user reviews.
  • 0 komentar:

    Posting Komentar