BAGAIMANA CARA MEMULAI BLOG DENGAN BENAR MENURUT SEO GOOGLE


Bagaimana cara memulai blog dengan benar? Bukankah ini pertanyaan yang sangat sering kita dengar di dunia blogging? Sangat banyak orang memulai blognya dengan cara yang keliru dan pada akhirnya tidak mendapatkan hasil yang diinginkan. Peringkat SERP (Search Engine Result Pages) mereka di Google tidak membaik sama sekali. Kenapa demikian?

Membuat blog cantik adalah perkara kecil, karena hanya dalam 1-2 bulan belajar saja pengetahuan seperti ini bisa dikuasai. Tapi membuat blog yang bisa mendapat banyak traffic pengunjung adalah perkara yang lain.
Banyak yang berhenti di tengah jalan karena tidak pernah memahami cara optimasi SEO yang benar. Bahkan ada yang 2 tahun blogging belum paham juga bagaimana caranya. Jadi dalam postingan kedua di blog ini saya mau berbagi hal paling mendasar, yaitu bagaimana memulai blog dengan benar....
 
#1 Pilih Tema Blog Yang Dikuasai

Kenapa saya menaruh ini pada urutan yang paling pertama dari cara memulai blog dengan benar? Karena internet adalah tempat yang dikunjungi oleh banyak orang untuk mencari informasi. Akankah saudara menyukai blog yang isinya cuma basa-basi tidak bermutu dengan pembahasan yang dangkal dan tidak memuaskan apa yang anda cari?

Saya sering sekali menemukan blog-blog tidak bermutu seperti itu dan dengan segera menutupnya. Adalah sesuatu yang sangat buruk bila pengunjung dengan cepat menutup halaman blog kita. Kenapa? Karena search engine yang merekomendasikan blog kita akan melihat itu sebagai indikator rendahnya kualitas isi blog.

Jika search engine besar seperti Google sudah membenci blog kita, maka jangan berharap blog kita bakalan ramai. Untuk menghindari hal semacam ini, maka kita harus mampu menulis artikel yang bermanfaat bagi pengunjung. Dan untuk mampu menulis artikel yang bermanfaat, maka anda harus menguasai topik dari artikel tersebut.

Kesalahan yang umum terjadi: Blogger pemula hendak memulai sebuah blog baru dengan topik yang dirasanya paling menguntungkan dan mahal (motifasinya mencari duit) padahal dia tidak menguasai topik itu, tidak juga menguasai SEO dan hal-hal lain yang diperlukan. Maka jadilah blognya seperti anak bayi yang memasuki arena gladiator, tewas sebelum sempat menangis. Jangankan masuk 10 halaman pertama (100 hasil pencarian teratas),....blognya terindex saja tidak.

#2 Domain Gratisan atau Berbayar?

Hal yang kedua yang perlu dipikirkan adalah membuat blog gratisan atau yang berbayar? Kenapa saya menaruh ini dalam urutan kedua cara memulai blog dengan benar?.... Banyak kasus membuktikan bahwa domain berbayar lebih mudah menguasai kata kunci dibandingkan domain blog gratisan seperti blogspot.com.

Kenapa demikian? Sepertinya Google mencoba menghidangkan referensi dari berbagai domain. Jika sudah ada blog dengan domain blogspot.com yang menempati halaman pertama, maka biasanya akan sangat sulit bagi blogspot.com lainnya untuk ikut memposisikan diri pada halaman pertama.

Jika saudara tidak cukup yakin dengan kemampuan optimasi SEO saudara, ataupun saudara ingin mengikuti kontes SEO, maka rasanya peluang akan lebih baik jika memakai domain sendiri. Jadi sebelum memulai blog saudara, pikirkan masalah ini baik-baik sebelum terlanjur membangun reputasi untuk subdomain gratis anda saat ini.

Sebagai informasi buat saudara yang baru memulai kegiatan bloggingnya, biaya domain premium adalah Rp.100.000/tahun untuk domain internasional seperti .com, .net dsb. (catatan blog saya ini tetap dalam format gratisan blogspot.com karena blog ini dibuat dengan tujuan ujicoba white SEO tertentu. Tidak akan saya jelaskan di sini)

#3 Lakukan Riset Kata Kunci!

Sekarang anda sudah menentukan tema. Tapi jika anda ingin blog anda ditemukan oleh banyak orang melalui mesin pencari, maka anda harus melakukan riset kata kunci apa saja yang akan anda tekankan dari blog tersebut. Oleh karena itu lakukan 3 riset berikut:

Kata kunci apa saja yang banyak dicari orang sekaitan dengan tema tersebut?
Kata kunci apa saja yang mempunyai profit besar (jika anda bermain adsense)?
Bagaimana persaingan untuk kata kunci tersebut?
Adalah sebuah keberuntungan jika kita bisa menemukan kata kunci yang banyak dicari orang tetapi kompetisinya tidak seberapa. Oh iya, perlu anda ingat bahwa kata kunci yang akan diriset adalah kata kunci yang terdiri dari 5 kata atau lebih. Misalnya "Reparasi Alat Elektronik Kota Malang".

Kenapa harus 5 kata atau lebih? Karena yang 4 kata atau kurang itu jatahnya website bereputasi dan berumur 2-5 tahun. Kecuali anda mau menghabiskan waktu, uang dan tenaga, maka silahkan saja. Dalam dunia online memang ada senioritas. Jadi mari mempelajari bagaimana memilih kata kunci yang tepat.

#4 Nama Domain Yang Bergaya Atau Bermanfaat?


Sebaiknya berhati-hatilah memilih nama domain. Apalagi jika saudara sudah membayar untuk domain itu. Kenapa demikian? Karena nama domain bisa sangat membantu blog saudara untuk bercokol di halaman pertama dari kata kunci yang dipilih.

Jangan memilih nama domain tidak jelas seperti kampret.com hanya karena ingin meniru Google.com atau Yahoo.com. Google dan Yahoo memilih domain tersebut dengan alasan trademark dan bukan dengan tujuan agar mudah terindeks.

Jadi jika saudara memilih domain dengan alasan "trademark", maka sebelumnya persiapkan dulu dana yang besar untuk mempromosikan merek saudara. Harap untuk tidak membuang-buang uang anda untuk nama domain yang tidak menolong sama sekali.

Sebagai contoh, jika saudara membuat blog ramuan tradisional, maka sedapat mungkin pilihlah nama domain ramuantradisional.com. Ini akan jauh lebih menguntungkan daripada menggunakan merek kita sebagai domain. Baca juga artikel cara memilih nama domain yang terbaik.

Ok, sekarang saudara sudah siap memulai membuat blog baru. Dengan demikian artikel berikutnya adalah optimasi SEO Onpage Wajib Pada Blog menurut Google. Jangan dilewatkan karena ini sangat penting.
BAGAIMANA CARA MEMULAI BLOG DENGAN BENAR MENURUT SEO GOOGLE BAGAIMANA CARA MEMULAI BLOG DENGAN BENAR MENURUT SEO GOOGLE Reviewed by Wahyumiftahulhuda on Januari 05, 2014 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.