twitter
googleplus
facebook

SEHAT MILIK SEMUA

PENTINGNYA ARTI KESEHATAN

Orang Miskin Dilarang Sakit


Kita semua tahu bahwa kesehatan itu sangat mahal harganya. Kita baru sadar jika nikmat atau anugrah termahal yang diberikan Tuhan adalah sebuah kesehatan dan terkadang kita lupa dan baru tersadar jika kesehatan itu sangat penting dan mahal harganya.

Hal itu juga menjadi masalah bagi negara Indonesia sekarang ini, menjamin kesehatan warga Indonesia merupakan tantangan yang besar bagi Bangsa ini.

Bagaimana tidak, saat ini angka statistik tentang penyakit degeneratif dan penyakit menular Indonesia hampir semuanya menduduki peringkat 10 besar.

Dan juga undang - undang yang menjamin kesehatan di Indonesia seperti kurang mendukung bagi kaum yang kurang mampu,miskin dan dhuafa. Jika kita lihat fakta saat ini bahwa untuk mendapatkan pengobatan yang murah sepertinya mustahil, bahkan seperti memiliki kesan bahwa orang miskin,dhuafa dilarang sakit.

Jika kita sudah tahu bahwa kesehatan itu sangat mahal harganya dan Negara pun tidak akan sanggup untuk membiayai seluruh warganya yang sakit, seharusnya negara melakukan tindakan preventif dan memanfaatkan Puskesmas dan membuat perusahaan Farmasi sendiri, sehingga pengobatan dan biaya obat dapat ditekan seminimal mungkin dan juga mengurangi import obat dari luar jika Indonesia sudah mampu membuat obat yang sama bagus kualitasnya.

Selain itu Perlu ada sosialisasi rutin ke tiap daerah - daerah untuk menjaga lingkungan yang bersih, pentingnya Kesehatan dan gaya hidup yang sehat serta membekali warga dengan langkah preventif dan menghidupkan kembali TOGA (tanaman Obat Keluarga), jadi jika warga ada yang sakit,selama itu bisa di obati dengan menggunakan obat herbal yang ada di lingkungannya mengapa harus ke rumah sakit.


Inisiatif saya, jika ada program seperti itu dengan memberdayakan TOGA sebagai obat alternatif Kesehatan untuk Keluarga, pemerintah harus menyediakan fasilitas seperti Call Service gratis di tiap daerah agar ketika warga ada yang sakit dapat berkonsultasi melalui call service dan dipandu oleh tenaga medis yang berpengalaman untuk meramu obat TOGA sebagai obat sakitnya. Jadi akan menghemat biaya dan obat yang digunakan lebih alami tanpa efek samping karena pengobatan sakitnya menggunakan obat yang alami, ya apabila ada yang berminat menggunakan gagasan saya tersebut saya bersedia membantu untuk mengembangkannya :D.

Ya mengapa tidak kita manfaatkan kembali TOGA ini,karena potensi herbal dan kekayaan Indonesia akan herbalnya sangat melimpah. Jika kita bisa mengelola dengan baik pasti dapat berkembang.

Dengan penerapan gaya hidup sehat dan sosialisasi tentang kesehatan terus digencarkan oleh pemerintah di harapkan dapat menekan angka jumlah penduduk yang sakit, sehingga pengeluaran APBD dan APBN yang digunakan untuk membantu warga yang miskin dan dhuafa untuk mensubsidi biaya pengobatannya dapat dihemat dan dapat dipergunakan untuk memperbaiki / membangun fasilitas sarana prasarana di bidang Kesehatan milik negara lainnya seperi memperbaiki dan melengkapi fasilitas Puskesmas dan membangun Puskesmas yang memadahi di daerah terpencil, serta membangun peruhasaan farmasi negara sendiri yang lebih baik dan dapat bersaing dengan negara maju lainnya, sehingga Indonesia dapat menjadi negara peng ekspor obat, bukan lagi peng impor obat sehinnga bisa dijadikan devisa tambahan untuk negara.

Tentunya untuk mensukseskan SEHAT MILIK BERSAMA ini tidak hanya menjadi tanggung jawab negara saja,namun diperlukan peran serta seluruh warga Indonesia dan lembaga - lembaga baik itu milik negara maupun swasta di bidang kesehatan. Langkah SEHAT MILIK BERSAMA ini Minimal kita mulai dari diri sendiri dan keluarga untuk melakukan gaya hidup sehat dan membaginya dengan sekitar.Jika semua turut berpartisipasi mewujudkannya, niscaya Indonesia akan lebih sehat dan produktif.

Di tulis oleh : Wahyu Miftahul Huda



  • Title : SEHAT MILIK SEMUA
  • Labels :
  • Author :
  • Rating: 100% based on 10 ratings. 5 user reviews.
  • 2 komentar:

    Posting Komentar