Tips Sharing File Menggunakan WiFi

Saat ini, jaringan Wi-Fi atau wireless di Indonesia sudah sangat banyak. Kita bisa dengan mudah untuk menemukan jaringan Wi-Fi di tempat-tempat umum. Biasanya Wi-Fi dimanfaatkan untuk berinternet ria. Ini dikarenakan Wi-Fi yang ada bersifat gratis sehingga pengguna bisa menggunakan internet tanpa menggunakan kabel atau nirkabel
.

Namun ternyata Wi-Fi juga bisa dimanfaatkan untuk mentransfer file atau sharing file. Karena Wi-Fi yang sifatnya bisa menghubungkan computer dengan internet, maka wi-fi juga memungkinkan kita untuk bisa mengirim atau membagi file dengan computer lain dengan jaringan wi-fi. Berikut cara untuk membagi atau mentransfer file menggunakan jaringan wi-fi.
Tentukan folder mana yang ingin anda bagikan kepada computer lainnya. Kemudian klik kanan pada folder 
tersebut, pilih Properties
.
Pada jendela properties, pilih tab sharing. Kemudian pilih advanced sharing.


Beri tanda centang pada pilihan Share this folder. Lalu klik OK.


Masuk ke Control Panel, pilih windows firewall dan matikan windows firewall.


Masuk ke command prompt melalui Run. Tekan Tombol Windows + R, lalu ketikkan cmd.


Di jendela command prompt, ketikkan ipconfig. Maka akan muncul alamat IP computer kita


Jika computer lain akan mengkopi atau menyalin file di computer kita, maka computer lain harus mengetikkan double backslash dan diakhiri dengan alamat IP computer kita melalui menu Run.
Misalnya adalah: \\192.168.1.2.

Jika kita sudah melakukan settingan tersebut, maka file yang kita sharing sudah bisa diakses melalui computer lainnya yang tersambung dengan wi-fi yang sama.
Tips Sharing File Menggunakan WiFi Tips Sharing File Menggunakan WiFi Reviewed by Wahyumiftahulhuda on Agustus 25, 2013 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.