twitter
googleplus
facebook

Info Tentang CISCO,Training,Exam,dan Sertifikasinya

Cisco Systems adalah Perusahaan Multi-Nasional yang bergerak dibidang Computer Networking dengan memproduksi alat-alat jaringan dengan standar International. Cisco Systems didirikan pada tahun 1984 oleh Len Bosack dan Sandy Lerner (pasangan Suami-Istri). "Cisco" diambil dari nama suatu daerah tempat dimana Cisco Systems didirikan, yaitu di San Francisco, California, Amerika Serikat. Sampai dengan akhir tahun 2008 perusahaan Cisco mempunyai 66.000 pegawai dengan omzet perusahaan mencapai US$39 Milyar. Saat ini Cisco Systems dipimpin oleh seorang CEO yang bernama John Chambers. Cisco Systems terus mengembangkan product-product jaringan (Computer Networking). Product Cisco sendiri diakui oleh dunia industri International sebagai product jaringan yang berkualitas. Perkembangan product-product Cisco ini dapat dilihat langsung di Web Site Cisco Systems (http://www.cisco.com/) Cisco Systems mempunyai misi, yaitu "Changing the Way We Work, Live, Play and Learn". Pada awal tahun 1997 mendirikan Cisco Academy. Universitas Cisco ini didirikan untuk membantu para student atau professional mempelajari ilmu (knowledge) mengenai Computer Networking. Sampai akhirnya Cisco Academy mengeluarkan Sertificate CCNA (Cisco Sertified Network Associate) bagi para student atau professional yang telah melalui test skill dan knowlegde di bidang Computer Networking. Sertifikat CCNA ini diakui oleh dunia industri International sebagai standard skill dan knowledge bagi para professional di bidang jaringan (Computer Networking).



Cisco System (Cisco) menjual jaringan dan komunikasi teknologi,peralatan dan pelayanan untuk data transportasi,suara dan video untuk keseluruh dunia.Produk perusahaan dan pelayanan terdiri dari beberapa kategori diantaranya adalah router,swicth,network access,IP telephony,keamanan,Jaringan fiber optik,jaringan data center,jaringan via sinyal,jaringan untuk rumah,dukungan layanan teknis dan pelayanan jaringan.

Produk Cisco di tujukan kepada korporate bisnis,institusi umum,perusahaan telekomunikasi,dan segala jenis ukuran bisnis juga sampai ke rumah rumah.Perusahaan Cisco juga menyediakan produk yang digunakan untuk mengantar data,suara,video untuk antar gedung,antar kampus,dan seluruh dunia.Model pengelolaan bisnis Cisco lebih ke globalisasi dan termanagement melalui 5 bagian negara yaitu ; Canada,Eropa,Asia pasifik,dan jepang serta market yang ada.
Untuk Sekedar informasi,Bisnis perusahaan ini bergerak di dua bagian segment yaitu produk dan pelayanan.Dan untuk kedepan,produk akan dibagi lagi menjadi 4 bagian yaitu ; router,switches,Teknologi terbaru dan yang lainnya.
Produk Cisco routing menawarkan fitur yang terdepan untuk menaikkan kemampuan system,keamanan,kestabilan,dan performa yang baik dalam pengiriman data informasi.Teknologi Routing di ciptakan untuk Internet dan intranet.Router digunakan untuk menyambungkan beberapa jaringan komputer,mengantarkan informasi,diantaranya data,suara dan video untuk satu jaringan ke jaringan lain.Perusahaan Cisco menawarkan router dengan beberapa penawaran,untuk perusahaan yang bergerak di bagian infrastruktur jaringan,untuk ISP (Internet Service Provider)dan perusahaan besar yang menggunakan router untuk diakses oleh semua orang.
Produk Cisco Switching menawarkan bermacam macam model koneksi yang digunakan oleh pelanggan.kumpulan komputer dan server,dan fungsi untuk mengumpulkan semua LAN (Local Area Network),MAN (Metropolitan Area Network)dan (Wide Area Network).Switch adalah produk yang menggabungkan beberapa teknologi jaringan yang digunakan untuk gedung gedung dan kampus yang biasanya disebut LAN,dan untuk melalui bebeberapa kota biasa disebut dengan MAN,serta teknologi ynag melalui beberapa daerah yang biasa disebut dengan WAN.Cisco mengenalkan beberapa produk diantaranya,Ethernet,gigabit Ethernet,10-gigabit Ethernet,sikronis transfer data,SONET (packet over synchronous optical network).dan multi-protocol label switching.
Keuntungan teknologi Cisco untuk kedepannya menawarkan produk dan pelayanan melalui jaringan komputer serta komunikasi.Kategori dari produk dan pelayanan yang ditawarkan termasuk aplikasi pelayanan jaringan,jaringan rumah,perusahaan kecil,jaringan optik,keamanan,jaringan data center,komunikasi,sistem video dan teknologi wireless.

Tentang Cisco System dan exam

Cisco didirikan tahunn 1984 oleh 2 orang staf Stanford University, Leonard Bosack dan Sandy K. Lerner. Cisco bergerak di bidang internetworking, seperti router, bridge, hub, dan switch.
Cisco IOS (Internetworking Operating System) adalah sistem operasi yang digunakan pada perangkat router dan switch Cisco. Sistem operasi ini bersifat multitasking yang mempunyai fungsi-fungsi routing, switching, internetworking, dan telekomunikasi. Pengoperasiannya menggunakan Command Line Interface (CLI) dan sekumpulan perintah-perintah standar. Pengguna Linux / Unix akan lebih mudah beradaptasi karena ada kemiripan konsep antara Cisco IOS CLI dengan perintah-perintah di Linux / Unix OS

Untuk menghasilkan tenaga profesional yang memahami jaringan komputer secara teori dan praktek pada perangkat buatan Cisco maka Cisco mengadakan program pendidikan yang disebut Cisco Networking Academy Program (CNAP). Untuk biaya sendiri di salah satu lembaga training komputer dari CNAP kemudian tes CCNA sekitar 6 jutaan. Sedangkan biaya untuk ikut tes CCNA saja adalah $250. Namun, jika anda merasa jumlah uang tersebut masih mahal, maka anda masih bisa membeli voucher CCNA lewat orang-orang yang menjual voucher-voucher CCNA di internet. Voucher ini legal karena Cisco yang mengeluarkannya. Dan kenapa murah? karena voucher yang dijual tersebut adalah discounted voucher yang diperuntukkan oleh orang yang ikut CNAP. Namun, tidak melanjutkan hingga tes sertifikasi CCNA. Nah, biasanya yang menjual voucher tersebut sekitar 1,1 juta rupiah (untuk yang discounted voucher CCNA 70%). Dan kemudian untuk dapat tes di Pearson-Vue Test Center harus membayar sekitar 500rb rupiah, tiap Test Center biayanya berbeda. Lumayan bisa menghemat sekitar 900rb rupiah dari yang seharusnya wajib membayar $250 dari tes CCNA. Ya, ini bagi yang berkeinginan langsung tes sertifikasi CCNA saja tanpa melalui jalur akademik CNAP.

Untuk sertifikasi Cisco sendiri dapat dilihat di gambar dibawah ini.




Level sertifikasi di Cisco setelah CCNA (Cisco Certified Network Associate), terdapat CCNP (Cisco Certified Network Professional) dan CCIP (Cisco Certified Internetwork Professional), serta yang paling puncak adalah CCIE (Cisco Certified Internetwork Expert). Seseorang yang mempunyai sertifikat CCNA memiliki ilmu pengetahuan dan kemampuan untuk instalasi, konfigurasi, mengoperasikan dan memecahkan permasalahan (troubleshooting) pada LAN, WAN dan layanan dial access untuk network kecil (dibawah 100 node), termasuk didalamnya penggunaan protokol seperti: IP, IGRP, Serial, Frame Relay, IP RIP, VLAN, RIP, Ethernet, dan Access Lists.


Untuk tes sertifikasi CCNA yang perlu diperhatikan:

1. Exam Number – 640-802
2. Total Marks – 1000
3. Duration – 90 Minutes
4. Passing score – 849
5. Questions – 45-55
6. Multiple Choice
7. Simulations
8. Drag and Drop


Soal-soal tes CCNA bertipe :

1. True/False
2. Multiple Choice
3. Select the Correct Answer
4. Select the Three Correct Answers
5. Select All That Apply
6. Type the command for viewing routes learned from an IP routing protocol.
7. Simulations

karena cisco ada program sertifikasinya maka untuk info tambahan saya beri sedikit info dimana temen - temen berminat untuk mengikuti training dan ujiannya (ulasan berikut ini bukan ada unsur promosi,hanya sekedar share bagi yang membutuhkan).

NETCAMPUS TRAINING CENTER

NETCAMPUS TRAINING CENTER menyelenggarakan program training Cisco Networking Academy Program (CNAP) dimana CNAP adalah program belajar jaringan komputer yang merupakan perpaduan antara konsep belajar E-learning dengan Hands On Training yang dilaksanakan secara on-line melalui situs http://cisco.netacad.net. Metode pengajaran merupakan kombinasi antara teori dan praktek sesuai dengan kurikulum yang disusun oleh Cisco System dan berlaku untuk Cisco Networking Academy di seluruh dunia.Proses pembelajaran Cisco Networking Academy Program yang kami selenggarakan dipandu oleh para instruktur yang memiliki sertifikasi internasional baik CCNA (Cisco Certified Network Associate) maupun CCAI (Cisco Certified Academy Instructor) yang dikeluarkan oleh Cisco System sebagai syarat kualifikasi instruktur di CNAP. Instruktur yang memandu proses training juga memiliki latar belakang pendidikan dari Universitas Indonesia dan ITB.Siswa CNAP akan mengikuti program training yang terbagi dalam 4 semester dengan perincian sebagai berikut : Semester 1 dibahas mengenai dasar-dasar jaringan komputer, Semester 2 membahas dasar-dasar router dan routing, Semester 3 membahas dasar-dasar switching dan routing lanjutan, dan Semester 4 membahas mengenai teknologi WAN. Bila selesai mengikuti semua tahapan maka siswa akan mendapat sertifikat setiap semesternya, sertifikat dari lokal akademi, dan voucer discount 70% untuk mengikuti ujian CCNA (selama masih ada pemberlakuan program voucher dari Cisco System).

Lulusan program CNAP dengan sertifikasi CCNA sudah diakui kualitasnya secara mendunia. Melalui jaringan kerja internasional dari Cisco System, alumnus CNAP banyak bekerja diperusahaan multinasional baik di dalam maupun di luar negeri. Kebutuhan akan tenaga kerja profesional bersetifikat CCNA di Amerika, Eropa, Australia, maupun Indonesia, menjadikan alumnus program CNAP memiliki kesempatan yang lebih baik untuk bersaing di dunia teknologi informasi.

Catatan : Program training Cisco Networking Academy diselenggarakan atas kerjasama NETCAMPUS TRAINING CENTER dengan CNAP Local Academy Universitas Pancasila.

Kampus Untuk Training CISCO


Kurikulum Cisco Networking Academy Program Ver.4 (Exploration)


Semester 1 : "Network Fundamentals"
1. Living in a Network Centric World
2. Communicating over the Network
3. Application Layer Functionality and Protocols
4. OSI Transport Layer
5. OSI Network Layer
6. Addressing the Network – IPv4
7. OSI Data Link Layer
8. OSI Physical Layer
9. Ethernet
10. Planning and Cabling Networks
11. Configuring and Testing Your Network


Semester 2 : "Routers & Routing Protocol and ConceptsBasics"
1. Introduction to Routing and Packet Forwarding
2. Static Routing
3. Introduction to Dynamic Routing Protocol
4. Distance Vector Routing Protocols
5. RIP version 1
6. VLSM and CIDR
7. RIPv2
8. The Routing Table: A Closer Look
9. EIGRP
10. OSPF

Semester 3 : "LAN Switching and Wireless"
1. LAN Design
2. Configure a Switch
3. VLANs
4. Implement VTP
5. Implement Spanning Tree Protocols
6. Implement Inter-VLAN Routing
7. Configure a Wireless Router

Semester 4 : "Accessing WAN"
1. Services in a Converged WAN
2. Point-to-Point Protocol (PPP)
3. Frame Relay
4. Enterprise Network Security
5. Access Control Lists
6. Network Troubleshooting
:: Fasilitas Training
1. Router 2600, 3600, dan 4600.
2. Switch 1900, 2900, dan 3550.
3. Personal Computer 35 unit
4. Akses internet broadband
5. Dua kelas training untuk teori dan satu kelas praktek
6. Satu kelas untuk ujian sertifikasi internasional
7. Lokasi strategis dan mudah dijangkau (dekat terminal bus)


RUANG TEORI "NETCAMPUS TRAINING CENTER"




NetCampus memiliki 3 ruangan teori, 1 lab, dan 1 ruangan ujian.

RUANG LAB PRAKTIKUM JARINGAN KOMPUTER



Lab. praktikum jaringan NetCampus.



Perangkat Cisco router dan switch seri 4600 dan 7500.

:: Program Training Cisco Networking Academy
A. Kelas Pagi atau Siang) # Biaya Rp. 4.750.000,-
Jadwal Belajar: 2x seminggu (Waktu : 3,5 Bulan)
Pilihan waktu:
1. Senin dan Rabu, pkl. 09.00 s/d 12.00 WIB atau pkl. 14.30 s/d 17.30 WIB.
2. Selasa dan Kamis, pkl. 09.00 s/d 12.00 WIB atau pkl. 14.30 s/d 17.30 WIB.
Catatan : Diskon Rp.500.000,- untuk pembayaran lunas di awal.
B. Kelas Reguler Malam # Biaya Rp. 5.250.000,-
Jadwal Belajar: 2x seminggu (Waktu : 3,5 Bulan)
Pilihan waktu:
1. Senin dan Rabu, pkl. 19.00 s/d 22.00 WIB.
2. Selasa dan Kamis, pkl. 19.00 s/d 22.00 WIB.
Catatan : Diskon Rp.100.000,- untuk pembayaran lunas di awal.


C. Kelas Reguler Weekend # Biaya Rp. 5.950.000,-
Jadwal Belajar: 1x seminggu (Waktu : 3,5 Bulan)
1. Sabtu, pkl. 09.00 s/d 16.00 WIB.
2. Minggu, pkl. 09.00 s/d 16.00 WIB(Upon Request).
Catatan : Diskon Rp.100.000,- untuk pembayaran lunas di awal.



Catatan :
1. Maksimal jumlah peserta training DIBATASI hingga 10 orang dan min. 7 orang.
2. Biaya formulir pendaftaran sebesar Rp.75.000,00.
3. Biaya training dicicil max. 2 kali, cicilan I min. 3 Juta Rupiah (Kelas Reguler).
4. Biaya training dicicil max. 2 kali, cicilan I min. 4 Juta Rupiah (Kelas: Sabtu).
5. Biaya training TIDAK DAPAT diminta kembali bila training sudah dimulai.
6. Biaya training BELUM termasuk biaya ujian sertifikasi internasional CCNA.
7. Biaya training SUDAH termasuk t-shirt, tas laptop, dan modul training.
8. Program "100% Money Back Guarantee".
:: Lokasi Penyelenggaraan Training Cisco Networking Academy

Alamat Campus
NetCampus Training Center, Jakarta : Jl. Sawo No.19 Rawamangun Jakarta. Telp. 021-47884168. CP : Firman atau Mitro. Tangerang : Jl. Anggrek Pandan Blok AO No.3, BSD City, Tangerang. Telp. 021-99028762 atau 021-30450016.
Cisco Networking Academy Program LA Universitas Pancasila. Alamat: Jl. Srengseng Sawah, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.:: Informasi Lebih Lanjut

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kontak Tim NetCampus Training Center melalui telepon : Ika atau Mitro di no. telp. 021-47884168. Alamat Email : training @netcampus.co.id. Anda juga bisa mendaftar langsung ke lokasi training.

Bila Anda tertarik mendaftar training secara online, silahkan download FORMULIR PENDAFTARAN untuk kemudian Anda isi dan kirimkan kepada kami melalui email :training@netcampus.co.id atau fax. 021-47884918 (Konfirmasikan terlebih dahulu kepada kami bahwa Anda akan menge-fax formulir yang telah diisi).


PENTINGNYA SERTIFIKASI DI BIDANG IT

Program Sertifikasi Internasional di Bidang IT::


Program sertifikasi internasional "Cisco Certified" adalah program training dan sertifikasi yang menjadi andalan kami dalam memberikan pelayanan pengembangan karir bagi profesional IT.

:: Pentingnya Sertifikasi IT
Banyak alasan untuk mendapatkan sertifikasi IT (Information Technology). Hal utama adalah sertifikasi di bidang Teknologi Informasi dan Telekomunikasi memberikan kredibilitas bagi pemegangnya. Sertifikasi IT menunjukkan para Professional Teknologi Informasi memiliki pengetahuan dan kompetensi yang dapat dibuktikan. Sertifikasi IT juga memberikan keunggulan bersaing bagi perusahaan, khususnya dalam pasar global karena kemampuan dan pengetahuan Profesional Teknologi Informasi dan Telekomunikasi telah diuji dan didokumentasikan.

Nilai Sertifikasi IT untuk Peningkatan Bisnis Perusahaan

A. Selaras dengan Tujuan Bisnis Perusahaan
1. Memberikan keunggulan bersaing yang nyata.
2. Memberikan pelayanan pada tingkat yang lebih tinggi.
3. Meningkatkan produktivitas kerja.
4. Meningkatkan kemampuan sumber daya manusia yang lebih lengkap.
5. Meningkatkan kredibilitas terhadap mitra bisnis dan pelanggan.
6. Memberikan dampak terukur untuk efisensi dan keuntungan bisnis.
7. Menjadi tujuan penting bagi bisnis perusahaan.

B. Alat yang penting untuk mempertahankan dan mendapatkan SDM bidang ICT
1. SDM yang memiliki sertifikasi IT lebih loyal dan kurang suka berganti pekerjaan.
2. Sertifikasi IT adalah suatu cara untuk mempertahankan SDM berkompetensi.
3. Berfungsi sebagai pembeda tingkat kemampuan antara staff senior dan staff baru.
4. Berfungsi sebagai skala pembanding untuk kemampuan teknis.
5. Sertifikasi IT memungkinkan pemilihan yang lebih baik dalam proses rekruitmen.
6. Memberikan perusahaan sebuah standar kemampuan yang konsisten.
7. SDM yang memiliki sertifikasi mampu melakukan fungsi pekerjaan dengan baik.

** Sumber : IDC Research, Certification Magazine Salary Survey 2002,
IT Skills Research 2002

:: Siapakah yang Memerlukan Sertifikasi IT?

Beberapa bidang pekerjaan tertentu mensyaratkan kualifikasi dan kompetensi dalam menjalankan prosesnya. Permasalahannya adalah bagaimana employer dapat mengetahui bahwa SDM yang dicarinya berkualitas tanpa perlu ia membuang waktu dan tenaga untuk menguji satu-persatu calon karyawannya. Agar lebih jelas dibawah ini adalah mereka yang memerlukan sertifikasi IT :

1. Profesional ICT (operator, administrator, developer, engineer, specialist).
2. Akademisi ICT (trainer, lecturer, instructor and teacher).
3. Manager dan Supervisor ICT.
4. Semua pihak yang terlibat dalam pengembangan TI dan telekomunikasi.

:: VUE Authorized Test Center

Kami adalah salah satu penyelenggara training IT yang juga merupakan VUE Authorized Test Center di Indonesia. Dengan kata lain kami memiliki kemampuan secara mandiri untuk menyelenggarakan ujian sertifikasi internasional dari berbagai vendor IT terkemuka seperti Cisco, CompTIA, Novel, Sun, dsb. Tidak semua lembaga training IT memiliki lisensi untuk mengadakan ujian sertifikasi internasional, bahkan banyak lembaga training IT yang bekerjasama dengan kami melaksanakan ujian sertifikasi internasional bagi peserta training yang mengikuti training mereka.

Kami telah ditunjuk sebagai VUE Authorized Test Center sejak Maret 2007 dan hingga kini telah melaksanakan ujian sebayak 75 kali dengan beragam jenis ujian dari Cisco Certified dan Microsoft Certified. Jumlah workstation untuk peserta ujian adalah 4 (empat buah) dengan demikian dalam satu waktu bersamaan kita maksimal dapat melaksanakan ujian sertifikasi internasional bagi 4 orang. Dengan server khusus yang didedikasikan hanya untuk VUE Test Center software yang menjamin kelancaran proses ujian sertifikasi.

:: Program Ujian Sertifikasi Internasional Lainnya

Sebagai partner VUE Authorized Test Center, kami juga memfasilitasi ujian sertifikasi internasional lainnya seperti : BPN, ADP, Agilent Technologies, Altiris, American College, Avaya Inc. Testing, BMC Software, Brocade Communications, BRPT, Business Objects, Check Point Software Technologies, CompTIA Testing, EXIN, IBM Testing, Isilon Systems, Linux Professional Institute Testing, Lotus Testing, MatrixOne McDATA, Microsoft Testing, MySQL, Novell Testing, PostgreSQL CE (SRA OSS), PRMIA, Radware, Siemens, Sun Microsystems - SAI Program, Tivoli Testing, VERITAS, VMware, Inc., Zend Technologies, Ltd.

Sejak bulan september 2007 terjadi pemisahaan ujian sertifikasi internasional, dimana secara khusus ujian Cisco Certified hanya dapat dilaksanakan oleh VUE Authorized Test Center sedangkan Microsoft Certified hanya dapat diujikan oleh Prometric Test Center. Saat ini kami juga telah ditunjuk oleh Prometric sebagai Prometric Test Center. Sehingga lebih banyak lagi jenis ujian sertifikasi internasional yang dapat kami selenggarakan
  • Title : Info Tentang CISCO,Training,Exam,dan Sertifikasinya
  • Labels :
  • Author :
  • Rating: 100% based on 10 ratings. 5 user reviews.
  • 3 komentar:

    Posting Komentar