twitter
googleplus
facebook

Pemanfaatan Aplikasi LBS Dalam Pencarian Sebuah Rumah Makan "Waroeng Steak And Shake"

Pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan tentang sebuah Layanan Berbasis Lokasi atau sering disingkat dengan LBS. dengan pesatnya perkembangan teknologi terutama komputerisasi dan mobile saat ini akan memudahkan manusia dalam mendapatkan sebuah informasi yang cepat, tepat dan akurat. Terutama dibidang Komunikasi, dengan banyaknya pengguna smartphone saat ini serta banyaknya fitur yang bisa digunakan dalam mengakses informasi membuat manusia memiliki mobilitas yang sangat tinggi dan dinamis. Bayangkan, hanya dengan sebuah kotak kecil dalam genggaman, manusia dapat menjelajah keseluruh dunia dan dapat mengetahui apa yang terjadi di suatu wilayah tersebut. Kita bisa mencari suatu lokasi, yang belum pernah kita kunjungi dan dengan bantuan smartphone dengan bantuan aplikasi berbasis lokasi kita dapat menemukan lokasi tempat yang kita cari tersebut.
Apa itu LBS?

Sistem Layanan Berbasis Lokasi, atau lebih dikenal dengan Location-based Services (LBS), menggabungkan antara proses dari layanan mobile dengan posisi geografis dari penggunanya. Poin pentingnya adalah ketika posisi target, di mana sebuah target bisa jadi adalah pengguna LBS itu sendiri atau entitas lain yang tergabung dalam suatu layanan (Kupper, 2005).

LBS mengarah pada aplikasi-aplikasi dan layanan-layanan yang menyediakan informasi lokasi mengenai suatu pengguna mobile, untuk menyediakan sebuah layanan atau informasi khusus pada pengguna (Post, 2008). Location Based Service memerlukan suatu mekanisme untuk melakukan koneksi dengan penyedia layanan lokasi (Location Provider), yang akan memberikan informasi posisi fisik device.

Ada beberapa metode pencarian lokasi yang umum digunakan, dimana masing-masing berbeda karena memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing tergantung penggunaannya. Sebagai contoh, metode yang satu bisa saja memerlukan biaya lebih besar dari yang lain namun memiliki tingkat akurasi yang tinggi.

Adapun metode yang sering digunakan (Deitel H. M., 2002), yaitu:

Device Based
Metode ini memerlukan perangkat tambahan berupa modul GPS yang didasarkan pada sistem satelit global.

Network Based
Metode ini didasarkan pada sistem jaringan seluler. Ada beberapa jenis mekanisme pada metode ini, yakni:

a. Cell Of Origin
Pada metode ini penentuan lokasi didasarkan pada cell jaringan dimana ponsel user berada, dimana masing-masing cell dijangkau oleh satu BTS (Base Tower Station). Informasi lokasi ditentukan oleh BTS terdekat yang menjangkau posisi ponsel user. Metode ini merupakan metode yang paling sederhana dan memili tingkat akurasi yang rendah.

b. Angle Of Arrival
Metode ini memiliki tingkat akurasi yang lebih baik. Penentuan lokasi didasarkan pada sudut yang dibentuk antara posisi ponsel dengan dua atau lebih BTS yang menjangkaunya. Angle Of Arrival menentukan informasi lokasi dengan triagulasi (pembentukan segitiga). Metode ini mudah terkena gangguan pada daerah perkotaan oleh karena itu baik digunakan pada daerah dengan populasi yang sedikit.

c. Time Difference of Arrival
Metode ini menentukan jarak dengan menggunakan triagulasi dari sinyal perjalanan. Informasi lokasi ditentukan dari perpotongan jarak busur lingkaran yang dibentuk atas perbedaan waktu kedatangan yang dihasilkan.

d. Enhanced Observed Time Difference
Pada metode ini, tiga BTS akan mengamati perbedaan sinyal waktu perjalanan ponsel user, dengan mentransmisikan sinyal ke ponsel. Metode ini menyerupai TDOA, namun membutuhkan perangkat tambahan pada ponsel.

e. Location-Pattern Matching
Pada Metode ini, penentuan lokasi didasarkan pada kondisi daerah dimana ponsel user berada. Faktor penting yang digunakan adalah tekstur area yang didapat dari pemantulan gelombang radio ponsel terhadap bangunan atau penghalang yang dilewatinya. Pola pemantulan sinyal akan dianalisis oleh BTS untuk dicocokkan dengan pola area yang tersimpan di database. Metode ini tidak membutuhkan perangkat tambahan namun membutuhkan pengelolaan database dan cocok digunakan di area perkotaan.

f. Hybrid method
Metode ini mengkombinasikan metode GPS dengan Network Based untuk menghasilkan informasi yang cepat dan akurat.

Dengan penjelasan diatas mungkin sobat semua sudah mulai memiliki suatu gambaran tentang apa itu LBS. Nah lalu bagaimana cara menerapkan ilmu tersebut ke dalam sebuah aplikasi Mobile? Sebelum kita mendevelop sebuah program pastinya kita harus sudah memiliki suatu rancangan sistem dari proogram yang akan kita buat. Untuk itu pada kesempatan kali ini kita akan mengambil sebuah studi kasus pencarian suatu rumah makan yang berada di dekat dengan posisi kita sekarang.


NB : Pada studi kasus kita kali ini akan menggunakan brand "Waroeng Steak n Shake" maaf bukan bermaksud untuk mempromosikan. Karena waktu itu admin sedang bingung mencari ide, dan akhirnya saat lewat di resto tersebut admin beru mendapat ide. Syukur - syukur pihak resto berminat untuk dibuatkan aplikasinya setelah baca Thread ini hehehehe

STUDI KASUS

Misal ada seseorang penggemar kuliner asal Surakarta yang sering makan di Waroeng Steak n Shake sedang berwisata di kota jogja dan ingin mencari rumah makan Waroeng Steak n Shake di wilayah tersebut namun pelanggan tersebut belum mengetahui alamat dan lokasi rumah makan Waroeng Steak n shake yang terdekat dengan posisi sekarang dia berada. Kemudian dengan bantuan aplikasi mobile yang ada di smartphone dia dapat mencari dimana lokasi serta map dan jalur - jalur arah menuju ke Waroeng Steak n Shake terdekat. Dengan bantuan aplikasi tersebut pelanggan tersebut di berikan petunjuk arah dan dipandu dengan GPS untuk menuju rumah makan tersebut. Serta dalam aplikasi tersebut dapat memberikan informasi Promo apa saja yang sedang ada di rumah makan tersebut untuk menarik minat para pelanggannya.

1. Tampilan Depan Aplikasi


2. Tampilan Lokasi Resto


3. Tampilan Map / Peta


4. Tampilan Promo Yang Ditawarkan Resto


Tampilan diatas hanya prototype, masih ada tampilan yang lainnya. Apa bila berminat untuk meguji silahkan kunjungi link Demo dibawah ini :


  • Title : Pemanfaatan Aplikasi LBS Dalam Pencarian Sebuah Rumah Makan "Waroeng Steak And Shake"
  • Labels :
  • Author :
  • Rating: 100% based on 10 ratings. 5 user reviews.
  • 1 komentar:

    Posting Komentar