twitter
googleplus
facebook

Cara Membuat Toko Online Dengan Mudah Menggunakan Prestashop

Selamat datang di blog saya sobat,ketemu lagi dengan saya yang nyebelin hehehe...Nah pada kesempatan kali ini saya kepingin membahas dan "Berbagi" informasi kepada sobat semua tentang bagaimana mmbuat toko onlinemu sendiri dengan CMS Prestashop di hosting.. Untuk project kali ini saya kepingin membuat sebuah toko online. karena saat ini sedang marak - maraknya e-commerce hehehe.

Project kita kali ini akan langsung menggunakan hosting, karena dari pengalaman pribadi dan teman - teman, ketika ingin membuat project toko online dengan prestashop banyak yang gagal upload ke hosting dikarenakan database prestashop tidak support ke hosting. Dan untuk itu alangkah baiknya sobat langsung saja buat toko online di ostingnya langsung dari pada ngulang lagi. Dan admin sarankan gunakan hosting dan domain yang berbayar untuk sebuah toko online. Karena sebuah toko online akan dianggap bonafide jika menggunakan domain dan hosting berbayar seperti .com .net dll. dan juga sebuah keamanan data di hosting serta kesetabilan dandhwidth juga perlu dipikirkan demi kenyamanan pengunjung toko online anda dan keamanan data di server hosting. Jogjahost bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan hosting dan domain murah.

Nah untuk melakukan itu semua yang perlu sobat siapkan adalah :

1. Komputer/laptop
2. Hosting (Recommended via jogjahost.com)
3. email.
4. koneksi internet.
5. Kopi dan sesaji seperti gorengan,atau kerupuk biar ntar bisa ngpoi bareng ma gue hahaha

ok,,let's rock n roll

MEMBUAT DOMAIN DAN SEWA HOSTING

Ke empat point tersebut sangat penting banget,,nget,,nget,,, jadi harus dipilih dahulu sebijak mungkin ya,, mbak,,bro,,semangat,, CHECK THIS OUT..........!!!!

Memilih Nama Domain Dan Hosting

Nama domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengindentifikan nama server komputer, seperti web server atau email server di jaringan komputer.
Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna diinternet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingatkan nama sever yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP atau ip addreess.
Nama Domain merupakan nama yang digunakan untuk mengindentifikasi alamat website nada. Setiap nama domain memiliki sebiah akhiran yang menunjukkan TOP LEVEL DOMAIN ( TLD ).
Sistem nama domain (DNS) adalah aturan yang dipakai dalam sistem penamaan dari nama domain ini.

Domain merupakan sebuah unsur yang tidak terpisahkan dari sebuah kegiatan internet. Karena nama domain inlah yang bisa di jadikan sebuah ciri khas untuk sebuah website. Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan domain. Menurut Wikipedia domain merupakan sebuah nama unik yang di gunakan untuk mengidentifikasi nama server computer di jaringan computer ataupun internet, dan berfungsi untuk mempermudah pengguna internet untuk melakukan akses ke server tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang d kenal dengan sebagai alamat ip.
   
Nama dari sebuah domain ini sangat penting karena mempengaruhi nilai dari kinerja anda. Walaupun banyak sekali yang menawarkan situs-situs gratisan yang menawarkan alamat atau nama domain gratis, tapi semua tersebut bukan merupakan jaminan untuk menjaga agar anda tetap eksis di dunia maya tersebut
   
Sebuah domain gratis biasanya tidak dapat memberitahukan kepada calon pengunjung anda, termasuk golongan apa situs yang anda miliki. Dan apabila domain yang anda pilih termasuk domain yang berbayar maka besar kemungkinan jika situs anda akan di kunjungi banyak orang.
   
Bukan hanya itu saja sebuah alamat domain juga mempengaruhi terhadap aktivitas internet yang anda jalankan, baik itu dari SEO maupun dari kegiatan internet marketing lainnya. Tapi tidak gampang untuk memilih sebuah domain, terkadang domain dipilih tergantung dari apa kegiatan yang di lakukan, lalu domain yang anda pilih termasuk di negara mana apakah international ataukah lokal, semuanya harus di perhitungkan
   
Memang banyak situs-situs yang menawarkan sebuah domain, baik domain yang gratisan maupun domain yang berbayar. Diantaranya coba anda berkunjung ke www.jogjahost.com di situs ini tersedia registrasi untuk nama domain yang biasa di kenal dalam dunia internasional maupun nasional. Di sini anda akan diterangkan domain apa yang cocok dengan kegiatan yang anda lakukan.  Dan proses registrasinya di bilang mudah. Dalam situs ini menawarkan domain dengan keunggulan privasi protection, DNS service dan domain forwarding. Seperti yang diterangkan di atas bahwa registrasi untuk sebuah domain tidak hanya untuk kalangan nasional saja tetapi melainkan untuk kalangan internasional juga. Harga yang di tawarkan pun tidak kalah murah dengan penyedia domain-domain lainnya , hanya dengan rupiah. 89.900 rupiah anda bisa menikmati domain internasional seperti .com, .net, .org . Dan lain-lain. Juga di tambah dengan domain-domain yang berasal dari Indonesia dengan harga lebih murah, dan persyaratan yang cukup mudah.
   
Domain memang sangat di butuhkan, dengan adanya domain ini maka sepertinya daerah kekuasaan anda telah ditandai semacam itulah. Dengan adanya domain maka orang-orang akan mengerti anda. Dalam pembuatan website pun akan membutuhkan sebuah domain. Dengan adanya domain ini maka website yang anda miliki akan bersifat pribadi.
       
Selain itu domain-domain yang di gunakan pun berbeda-beda. Ada khusus domain yang di peruntukkan untuk organisasi, atau untuk sekolah, untuk akademi dan perguruan tinggi, sampai untuk lembaga pemerintahan. Semuanya tersedia di www.jogjahost.com membuat anda bisa memilih domain yang anda perlukan untuk kepentingan anda.
Jika  anda memilih sebuah domain, pastikan domain anda merupakan domain yang sekiranya dapat diakses oleh orang banyak, lalu pilihlah domain yang bisa mencerminkan website anda seperti d bidang apa website anda berkecimpung, domain yang paling sering di pilih ialah domain dengan berakhiran .com (dot com) bisa di bilang domain ini merupakan domain yang bisa di bilang dikenali secara umum.
   
Hindari domain gratisan, sebab domain semacam ini hanya menghambat usaha anda dalam dunia maya ini. Pilihkan nama yang jelas untuk nama domain anda dan hindari penulisan symbol sebagai nama domain, dengan begitu maka alamat anda akan lebih mudah di kenal.
Jika anda tertarik maka kunjungi www.jogjahost.com karena disini tersedia seluruh domain yang sesuai dengan kepribadian anda dan keperluan anda.

Langsung aja kita menuju prosesnya: Kali ini kita akan gunakan Domain dan hosting yang berbayar, kenapa bayar? ya namanya toko online kalo sobat pake yang gratisan pasti pengunjung juga ragu untuk bertransaksi di toko sobat karena terkesan ecek - ecek dan kurang bonafide disamping itu pelanggan juga bisa saja beranggapan kalo toko online sobat adalah fiktif atau penipuan. domain premium/berbayar seperti .com, .net, dll akan menaikkan prestige, kredibilitas dan image toko sobat dimata pelanggan.
Domain dan hosting berbayar mahal? tenang aja sob, i know what u mind hehe kali ini kita pake layanan dari jogjahost yang seperti pengalaman saya saat membuat toko online saya (www.pandawa-hobby.com) di jogjahost jarang sekali down bandwidthnya dan juga keamanan data di hostingnya trjamin. Yang pasti murah abis...
langakah selanjutnya adalah membeli hosting. Nah jika sobat masih bingung gmana cara membeli hosting dan domain atau bingung gmana instalasi hosting di cpannel, atau gak mau ribet untuk buat toko online, admin juga menerima jasa pembuatan toko online. Sebagai referensi sobat bisa lihat hasil toko online saya di www.pandawa-hobby.com. Tenang aja harga nego kok sob. Silahkan hubungi admin call/sms : 089682321065 / 087839705781.

Untuk mendapatkan suatu domain kita langsung menuju halaman utamanya www.jogjahost.com, Setelah itu klik pada menu tab "Hosting". Kemudian masukkan nama domain yang kalian semua buat. Kalau yang saya buat sih,, nama domain toko online saya “www.pandawa-hobby.com”.
Nah jika sobat ingin beli Hosting dan Domain yang murah silahkan sobat cari di menu "Hosting" lalu cari "Hosting Murah IIX" . Setelah itu sobat pilih - pilih dulu mana paket yang sesuai dengan keinginan sobat.
nah silahkan sobat masuk ke www.jogjahost.com dan ikuti langkah - langkah berikut :

1. Masukkan nama domain yang sobat inginkan di kolom pada gambar yang saya lingkari di bawah ini. kemudian klik "CARI!" pada halaman utama web.



Memilih Hosting dan Domain

Jika sobat sudah sukses memilih domain, tahapan berikutnya adalah pemilihan hosting. Pada kesempatan kali ini saya menggunakan jasa penyedia hosting dari jogjahost. Silahkan sobat kunjungi www.jogjahost.com untuk memilih menu hosting yang sobat inginkan . pilih menu  "Hosting" lalu cari "Hosting Murah IIX" . Setelah itu sobat pilih - pilih dulu mana paket yang sesuai dengan keinginan sobat. Fungsi hosting adalah tempat menyimpan data berupa text, gambar dan video (multi media) di dalam website yang akan kita publikasikan melalui internet. Tanpa hosting file-file tersebut tidak dapat di publikasikan secara online.

Nah untuk hosting silahkan sobat pilih sendiri sesuai kebutuhan sobat. kalau saya sih pake paket IIX JH-100 Baca aja sendiri spesifikasinya hehehe.atau langsung cek disini

 

langkah berikutnya adalah memilih nama domain. Jika  pada langkah sebelumnya sobat sudah melakukan pengecekan ketersediaan nama domain yang sobat inginkan,jika tersedia silahkan sobat masukkan nama domain tadi ke kolom "Registrasi Domain baru" kemudian klik "cek ketersediaan" maka akan muncul seperti gambar dibawah ini.


Langkah berikutnya untuk melanjutkan pembelian domain silahkan pilih "Klik Untuk Melanjutkan"


Setelah itu sobat akan diarahkan ke halaman keranjang Belanja, Pada halaman ini sobat akan dikonfirmasikan total belanjaan hosting dan domain sobat dan jangan lupa isi data sobat pada kolom "informasi anda" setelah itu klik "Lanjutkan Belanja"

 

 Setelah itu pada kolom "Order Summary" sobat pilih "Selesai Belanja, Lanjut Kekasir"

 

Langkah berikutnya sobat adalah konfigurasi domain, untuk menu "layanan tambahan" terserah sobat mau di centang atau tidak, kemudian pilih "Perbaharui Keranjang"

 Nah setelah proses registrasi pembayaran selesai, silahkan cek email sobat. Cari email verifikasi dari JOGJAHOST seperti tampilan dibawah ini. di isi email ada username dan password yang digunakan untuk login ke cpanel sobat. Lalu untuk masuk ke cpanel silahkan sobat cari link "temporary Control Panel". Klik link tersebut
 

Setelah itu sobat akan di redirect ke halaman cpanel login. Gunakan username dan password yang ada pada email sebelumnya kemudian klik "log in"

 

setelah itu sobat akan masuk ke halaman cpanel. Lalu cari "Softaculous and Installer" dan pilih "Prestashop"

 
Setelah itu sobat akan masuk ke halaman softaculous seperi gambar dibawah ini kemudian pilih "Install". Kemudian tunggu hingga proses penginstalan selesai


Buat database dan user database baru di hosting anda melalui cPanel pada menu mysql database.

Buat folder baru di direktory utama hosting anda (public_html) dengan nama sesuai dengan yang diinginkan. (jika folder yang dibuat adalah dengan nama tokosaya, maka situs prestashop anda akan dapat diakses dengan alamat http://domain-anda.com/tokosaya)
Upload seluruh file di dalam folder prestashop yang telah di ekstrak tadi ke folder public_html/tokosaya dengan menggunakan FTP seperti filezilla, ws-ftp, cute-ftp




Setelah semua file dan folder sukses di upload, silahkan akses url instalasi : http://domain-anda.com/tokosaya/install
lalu klik menu NEXT
Pada instalasi tahap berikutnya, jika ada kendala di bagian permission folder dan file, silahkan untuk merubah permission folder dan file yang bertanda minus (-) dan berwarna merah menjadi 777 (chmod), pada tahap ini jika mengalami kesulitan dapat langsung menghubungi Customer Care IDwebhost. (PENTING: setelah proses instalasi selesai folder dan file dalam tahap ini, HARUS dikembalikan ke permission semula)
Setelah selesai klik Refresh Settings dan Klik menu NEXT


Tahap selanjutnya dalah untuk database, sesuaikan dan isi kolom database dengan database dan user serta password seperti yang telah dibuat pada tahap ke-3 Lalu Klik NEXT


Tahap selanjutnya, silahkan isi untuk informasi data anda sebagai admin dan informasi deskripsi toko online anda, lalu kelik NEXT


Hapus folder install pada direktory web toko online anda
Rename folder admin menjadi folder lain (contoh: admintoko)
Selesai.

Jika sobat mengalami kesulitan dalam instalasi, konfigurasi atau pembuatan toko online silahkan hubungi saya. Menerima jasa pembuatan toko online, jasa pembelian hosting dan domain serta instalasi silahkan hubungi :

CS :Wahyu Miftahul Huda
Telp/sms :
- Three : 089682321065
- XL : 087839705781.
Email :
wahyu.retrover@gmail.com
FB :
https://www.facebook.com/wahyu.miftahulhuda





  • Title : Cara Membuat Toko Online Dengan Mudah Menggunakan Prestashop
  • Labels :
  • Author :
  • Rating: 100% based on 10 ratings. 5 user reviews.
  • 4 komentar:

    Posting Komentar