twitter
googleplus
facebook

Cara Membuat Website Sekolah Menggunakan Joomla

Selamat datang di blog saya sobat,ketemu lagi dengan saya yang nyebelin hehehe...Nah pada kesempatan kali ini saya kepingin membahas dan "Berbagi" informasi kepada sobat semua tentang bagaimana mmbuat website Sekolah dengan CMS Joomla di Localhost.

Apa Itu Joomla ? 
Joomla adalah salah satu aplikasi web yang berbasis CMS (Content Management Sistem), dimana penggunaannya bebas dan terbuka (Open Source).

Joomla adalah salah satu aplikasi web yang berbasis CMS (Content Management Sistem), dimana penggunaannya bebas dan terbuka (Open Source) yang menggunakan bahasa program PHP dan basis data MySQL untuk keperluan internet ataupun intranet. Dengan menggunakan CMS ini, anda bisa mengelola website dengan mudah dan cepat, selain itu ada banyak sekali kelebihan dari CMS yang ada pada aplikasi ini. Joomla dikembangkan oleh “The Joomla Project Team” dimana aplikasi ini pertama kali diluncurkan pada tanggal 17 September 2005 dengan versi awal 1.0.0 dan saat ini versi 1.0 sudah ditinggalkan dan tidak di support oleh pengembang. 

Joomla! Apa Itu Joomla ?


Seiring dengan perkembangan dibidang web development, pada tahun 2007 Joomla versi 1.5.0 mulai dikembangkan dan diluncurkan pada tahun 2008, dimana pada versi terbaru memiliki beberapa persamaan dalam pengoperasian dan perbedaan yang cukup signifikan dalam kegunaan.

Pada tahun 2011 diluncurkan versi 1.6 dan versi 1.7, tetapi kedua versi tersebut dikembangkan tidak berlangsung lama, karena di tahun 2012 diluncurkan Joomla versi 2.5 sebagai pelengkap dari versi sebelumnya, yaitu 1.6 dan 1.7. Saat ini Joomla telah mengeluarkan versi yang paling terbaru, yaitu versi 3.0 pada bulan September 2012, tetapi yang versi 2.5 pun masih di support oleh pengembang.
Kelebihan dan Keunggulan Joomla!
Sangat mudah dan cepat untuk di instal, baik secara offline maupun online
Proses pembuatan website dan pengelolaan lebih mudah
Template bisa di ganti dengan mudah dan tersedia template gratis ataupun berbayar
Fitur website bisa ditambahkan dengan komponen dan plugin
Penempatan module sebagai widget bisa ditempatkan dimana saja
Content dapat di kelola dengan mudah dan dapat ditampilkan sesuai keinginan
dsb

Apa Itu Joomla.Org ?
Joomla.Org merupakan situs resmi milik Tim Joomla yang digunakan untuk pelayanan pengembang (developer) aplikasi Joomla, dimana pada situs ini semua orang dapat mengunduh (download) aplikasi mentah Joomla, template, komponen dan plugin berbagai pengguna aplikasi ini. Selain itu situs ini juga menyajikan layanan pendukung (support) untuk para user, seperti forum, dokumentasi dan sebagainya.


Nah untuk melakukan itu semua yang perlu sobat siapkan adalah :

1. Komputer/laptop
2. Web Server XAMPP yang belum punya silahkan download disini dan cara install disini
3. CMS Joomla download di sini
4. Kopi dan sesaji seperti gorengan,atau kerupuk biar ntar bisa ngpoi bareng ma gue hahaha

ok,,let's rock n roll 

Pada pokok bahasan kita kali ini dapat kita rangkum menjadi :
A. Instalasi Joomla
B. Mengatur Panel Admin dan Halaman Depan.
C. Pembuatan Web Sekolah

Ok, bagi sobat yang sudah download XAMPP kemudian install dan download CMS Joomla nya kita langsung pergi ke TKP. Pindahkan folder .zip nya ke C:/ -> xampp -> htdoc -> buat folder baru dengan nama joomla (terserah sobat mau kasih nama apa). Kemudian extract folder .zip ke dalam folder joomla yang sudah sobat buat tadi. Penampakannya akan seperti gambar dibawah ini :


A. Instalasi Joomla
Silahkan sobat buka browser sobat dan ketikkan localhost/joomla pada address bar browser, maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini. Isi semua datanya sesuai kebutuhan web sobat. Jika sudah klik "next/Berikutnya"


Setelah itu kita lanjut ke proses konfigurasi database. Silahkan sobat buka newtab pada browser sobat lalu ketikkan di address bar dengan localhost/phpmyadmin. Jika sudah maka klik menu "Basis data" kemudian buat database dengan nama db_joomla (terserah sobat mau kasih nama apa,asal nanti harus sama nama databasenya pada saat konfigurasi database di joomla). Jika sudah, cari nama database yang sudah sobat buat tadi dan klik db_joomla atau lihat gambar dibawah.


Langkah selanjutnya adalah proses konfigurasi database. Pada proses ini silahkan sobat kembali buka halaman browser instalasi joomla sebelumnya. Ingat, pada kolom database nama database harus sama dengan nama database yang sudah sobat buat tadi di phpmyadmin. Lalu isi semua data yang disediakan pada kolom dibawah ini. Pada browser akan muncul halaman “Configuration” yang berisi beberapa field yang harus anda isi, seperti :[to_like id="1784"]
  • Select Language : English (United States)
  • Site Name : Tutorial Joomla 3.0 (Judul atau Title Web)
  • Description : Website tutorial joomla versi 3.0 (Deskripsi Web bisa diisi maksimal 20 kata)
  • Admin Email : Alamat eMail (Email pemilik website)
  • Admin Username : admin (Username login pemilik website)
  • Admin Password : admin (Password login pemilik website)
  • Confirm Admin Password : admin (Konfirmasi password pemilik website)
  • Site Offline : Yes/No (Pilihan No untuk tampilan website offline setelah proses instalasi)
  • Klik “Next” untuk melanjutkan proses instalasi

Jika database berhasil terkonfigurasi maka kita akan dibawa ke halaman sep[erti pada gambar dibawah ini. Untuk melanjutkan kemudian klik "pasang"


Setelah anda klik “Install”, aplikasi web joomla langsung menginstal secara otomatis, kemudian anda akan masuk ke halaman terakhir yang terdapat tulisan “Congratulations! Joomla! is now installed.” artinya web CMS berhasil diinstal.

Cara Instal Joomla Versi 3.0 Photo

Pada gambar dibawah terdapat tulisan “Email could not be sent.”, ini dikarenakan saya menginstalnya menggunakan localhost. Untuk langkah selanjutnya anda harus menghapus folder “Installation”, cukup klik button link “Remove installation folder” secara otomatis folder installation beserta isinya yang berada pada folder “joomla30″ akan terhapus. Setelah anda menghapus folder “installation”, selanjutnya anda bisa melihat website Joomla versi 3.0 yang dengan tampilan Default pada browser dengan alamat URL http://localhost/joomla30 atau anda bisa klik button link “Site”, sedangkan untuk masuk ke halaman administrator anda bisa masuk melalui browser dengan alamat URL http://localhost/joomla/administrator/atau anda bisa klik button link “Administrator”.


B. Mengatur Panel Joomla.

Pada bagian ini sobat silahkan masuk ke bagian halaman admin atau ketikkan http://localhost/joomla/administrator/ pada address bar browser. Maka akan muncul halaman Login.  Silahkan sobat Login dengan username dan password yang sobat masukkan pada saat instalasi joomla.

Jika sudah Login, maka sobat akan masuk ke dalam halaman admin. kurang lebih gambarnya akan seperti ini 














Yups jadilah sudah website Joomla sobat, sekarang tinggal mengatur, dan membuat web sekolahnya.

C. Pembuatan Web Sekolah
Setelah template ditentukan dan mengetahui tata letaknya, maka buat rancangan data atau informasi sekolah  serta apa saja yang mau ditampilkan didalam web site sekolah. Dengan Membuat rancangan Data dan informasi akan mempermudah kita dalam memulai membuat menu. Sedikit Gambaran sederhana tentang Data atau informasi sekolah yang bisa ditampilkan adalah :

I. Menu Utama Bisa di betikan data atau informasi :
  1. Motto
  2. Visi dan Misi
  3. Profil
  4. Fasilitas (Sarana dan Prasarana)
  5. Dewan guru
  6. Tata Usaha
  7. Kurikulum
  8. Kegiatan Siswa ( Ekstra Kurikuler)
  9. Produk Sekolah
  10. Download
  11. Buku Tamu
  12. Kontak
II. Tambahkan Menu Pendukung :
  1. Login
  2. Polling
  3. Informasi Terbaru
  4. Pengumuman
  5. Tutorial
  6. Mata Pelajaran
  7. Artikel lain menurut Kategori
III. Tambahkan Menu Pelengkap :
  1. Kotak Pesan
  2. Jam
  3. Kalender
  4. Data Pengunjung
  5. Counter Pengunjung
  6. Banner
  7. MP3 Player
  8. Video
  9. Yahoo Mesengger Status
  10. Photo Gallery
Ok, sekarang kita akan lanjut untuk membuat menu utama web sekolah kita. Silahkan sobat cari pada menu structure pada halaman admin. Kalau sudah ketemu silahkan klik "Menu Manager". kemudian pilih "menus" setelah itu pilih "New" jika sudah jadi, maka "menu utama" yang sobat buat tadi akan muncul, lalu klik "menu utama" tersebut dan buat kategori sesuai data dan informasi skolah yang akan di tampilkan. untuk membuat menu utama silahkan sobat klik "new" kemudian isi kolom dengan data dan informasi yang sobat inginkan.



jika data dan informasi sekolah sudah terisi, maka tampilannya akan seperti gambar dibawah ini























yups sampai sini web sekolah sobat sudah jadi dan silahkan kembangkan sendiri ya. Untuk template silahkan sobat download di link berikut ini :
  1. Rockettheme
  2. Template Monster
  3. Shape5 Templates
  4. Joomlashack
  5. Siteground
  6. Best of Joomla
  7. Joomla24
  8. Joomlatp
  9. Ty2u
  10. Joomla2u
  11. Joomla Designs
  12. Themesbase
  13. Joomlaweb
  14. Joomla Free Templates
  15. Kanga Internet
  16. You! Joomla
  17. Estime Templates
  18. Compass Designs
  19. CMS Lounge
  20. Free CMS Templates
  21. Joomla Template Style
  22. Themebot
  23. Mambohut
  24. Joomlashine
  25. Joomla Planet
  26. Sarkis Webdesign
  27. Osskins
  28. Ulti Joomla
  29. Joomla Bamboo
  30. JoomlaArtWork
  31. Layout Shack
  32. D4J [Design 4 Joomla]
  33. Joomla Bear
  34. Dart Creations
  35. Foxtheme
  36. Free Templates Online
  37. proWebCreative
  38. Beautydesign
  39. JoomlaDesigns
  40. Joomlaport
  41. Veero
  42. Joomla!Junkie
  43. Joomla!Shack
  44. JoomlaMarket
  45. J for Joomla Templates 1.5 | 1.0
  46. Olwebdesign
  47. Template For Joomla
  48. Snek
  49. Red Evolution
  50. Joomlactive
Nah Untuk Modul - modul pelengkap dan sesuaikan dengan kebutuhan sobat websitenya silahkan sobat cari sendiri di sini

Oke jika project sobat sudah jadi dan siap untuk di publish di hosting, saya punya saran untuk memasang hosting di jogjahost, silahkan klik disini atau click banner dibawah postingan ini karena harga murah, kualitas dan kemamanan servernya terjamin.
Jika sobat mengalami kesulitan dalam instalasi, konfigurasi atau pembuatan web sekolah silahkan hubungi saya. Menerima jasa pembuatan toko online, web profile, web corporate, web bussiness,juga melayani jasa pembelian hosting dan domain serta instalasi silahkan hubungi :
CS :
Wahyu Miftahul Huda
Telp/sms :
- Three : 089682321065
- XL : 087839705781.
Email :
wahyu.retrover@gmail.com
FB :
https://www.facebook.com/wahyu.miftahulhuda
  • Title : Cara Membuat Website Sekolah Menggunakan Joomla
  • Labels :
  • Author :
  • Rating: 100% based on 10 ratings. 5 user reviews.
  • 6 komentar:

    Posting Komentar