twitter
googleplus
facebook

MENANGANI PANAS BERLEBIHAN (Overheat)PADA PROCESSOR KOMPUTER

Saat ini laptop dan computer (PC), sudah menjadi media masyarakat dalam beraktivitas sehari – hari. Oleh karena itu, perawatan terhadap computer sangatlah penting agar aktivitas kita lancer. Tidak sedikit pula orang yang menganggap remeh masalah panas yang berlebihan atau overheat pada computer. Padahal itu bisa berakibat fatal pada komponen – komponen yang ada dalam cashing. Misalnya, computer sering error, bahkan bisa mengakibatkan processor mati.

Overheat biasanya disebabkan karena system pendingin yang kotor, debu atau benda – benda yang masuk tersedot ke dalam system pendingin computer sehingga putaran pendingin menjadi lambat. Untuk mengatasi masalah tersebut pada umumnya kita bisa mengunakan coolpad, ataupun membongkar cashing computer untuk membersihkan debu yang masuk. Namun, cara tersebut sudah umum digunakan dan tidak begitu efektif untuk mengatasinya.

Ada beberapa cara mengatasi panas berlebihan pada computer, dengan menggunakan software atau undervoltinh. RMClock merupakan salah satu software untuk mengatasi hal tersebut. Software tersbut dapat anda download di http://cpu.rightmark.org/download/rmclock_235_bin.exe.

Ada beberapa langkah dalam proses ini. Sebagai langkah awal kita setting terlebih dahulu profil dengan meng klik tab Profil pada RMClock, lalu pilih “Performance on demand”, chek semua index pada table “Use P State Transition”. Kemudian klik Apply. Sementara ini langkah setting profil RMClock sudah selesai.

Kedua, kita masuk pada proses undervalting. Setelah kita membuka RMClock pada screenshot terlihat voltase default adalah 1.1750V. voltase ini merupakan multiple terbesar yang diatur secara default dalam program. Yang harus kita lakukan adalah menurunkan voltase secara bertahap dimulai dari 0.025V sampai menemukan voltase yang stabil. Setiap kita menurunkan voltase Klik ”Apply” untuk mengatur voltaseyang baru.

Ketiga, tes kestabilan processor yang sudah di undervolting sebelumnya. Untuk tes kestabilan processor kita membutuhkan program pendukung serta link kita membutuhkan: Orthos CPU Loader dapat kita download di http://www.overclok.net/attachment/downloads/.


36840 d11657486-orthos v20060420-orthos_exe_20060 420.zip dan HWMonitor yang dapat kita download di http://www.cpuid.com/hwmonitor.php.

Buka Orthos CPU Loader dan HWMonitor, kemudian buka tab “CPU Info” pada RMClock untuk melihat temperature dan clock CPU. Lalu set tipe Orthos “Small FFTs-Stress cpu”. Setelah itu jalankan Orthos selama 45 menit untuk mencari voltase voltase yang stabil. Jika voltase tidak stabil, laptop atau computer anda akan mengalami BOSD (Blue Screen) atau Error pada Orthos. Jangan panic jika muncul BOSD, restart laptop anda secara normal. Naikkan volatse 2 tingkat jika mengalami hal demikian. Kemudian jalankan kambali tes kestabilan sampai menemukan voltase yang stabil.

Itulah beberapa tips dari penulis semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Don’t try for action ^_^

By : Wahyu Miftahul Huda
  • Title : MENANGANI PANAS BERLEBIHAN (Overheat)PADA PROCESSOR KOMPUTER
  • Labels :
  • Author :
  • Rating: 100% based on 10 ratings. 5 user reviews.
  • 0 komentar:

    Posting Komentar