twitter
googleplus
facebook

Kumpulan Perintah MYSQL dan penjelasannya

Dalam dunia pemrograman website, kita pasti tidak terlepas dari peran sebuah database, dan hampir seluruh website di dunia ini memiliki databasenya masing-masing. Dalam kasus ini saya akan membahas tentang MYSQL karena MYSQL adalah salah satu database yang paling banyak digunakan oleh para web developer dalam pembuatan website. Oke tanpa banyak basa-basi, kita langsung ke TKP ...!!!

SQL (Structured Query Language) adalah bahasa query yang digunakan untuk mengakses basis data relasional. Perintah SQL meliputi perintah-perintah untuk menyimpan, menerima, memelihara, dan mengatur akses ke basis data serta untuk memanipulasi dan menampilkan data dari database. Perintah - perintah SQL yang sering digunakan untuk web database:

Create database

Untuk membuat database, perintah umumnya: CREATE database nama_database.

Create table

Untuk membuat tabel, perintah umumnya: CREATE table nama_tabel ( namafield1 tipe_data not null, namafield2 tipe_data not null,… ).

Select

Untuk mengambil data dari suatu tabel untuk ditampilkan. Perintah umumnya: SELECT nama_field FROM nama_tabel (WHERE kondisi). “WHERE” tidak harus ada.

Insert

Untuk menyisipkan data pada tabel di suatu basis data. Perintah umumnya: INSERT INTO nama_tabel (field1,field2,…) VALUES (nilai1,nilai2,…).

Delete

Untuk menghapus sebuah record pada tabel. Perintah umumnya: DELETE FROM nama_tabel WHERE kondisi.

Update

Untuk memperbarui nilai suatu data di suatu sistem basis data. Perintah umumnya:UPDATE nama_tabelSET field=’nilai‘WHERE kondisi.

Alter Table

Untuk memodifikasi tabel baik menambah, menghapus, maupun mengganti field/kolom yang ada pada tabel.Menambah Field: ALTER TABLE nama_tabel ADD nama_field tipe_data;Mengubah Field: ALTER TABLE nama_tabel CHANGE nama_field_lama nama_field_baru tipe_data;Menghapus Field: ALTER TABLE nama_tabel DROP nama_field.

Drop

Untuk menghapus tabel dan database.Menghapus tabel: DROP TABLE nama_tabel;Menghapus database: DROP DATABASE nama_database;

Perintah-perintah pada SQL ini nantinya akan sangat bermanfaat ketika kita membuat halaman web dinamis (baik dengan PHP atau ASP) yang berbasis database.

Sekian dan terimakasih. 
  • Title : Kumpulan Perintah MYSQL dan penjelasannya
  • Labels :
  • Author :
  • Rating: 100% based on 10 ratings. 5 user reviews.
  • 0 komentar:

    Posting Komentar