Kerusakan-kerusakan umum pada komputer


Kerusakan-kerusakan umum pada komputer, biasanya dimulai dari hardware dan software. Hardware :

RAM :

Kerusakan paling sering ditemukan adalah kerusakan RAM, ditandai dengan bunyi tuuuuuuut tuuuuuuuut tuuuuuuut, karena pada umumnya pi n dari ram tersebut mengalami korosit jamur disebabkan kelebaban dan usia pakai komputer itu sendiri, solusinya :

- Ambil penghapus pensil, cabut ram dari motherboard, bersihkan pin emas pada ram dengan penghapus pensil, lalu pasang kembali ram tersebut. Biasanya dengan cara tersebut berhasil...

VGA :

Kerusakan VGa Juga sama seperti kerusakan ram, dengan ditandai bunyi tuuuuuut tutut tuuuuuut, yaitu mengalami korosit pada pin emas vga yang menempel pada motherboard, solusinya :
- Ambil penghapus pensil, cabut VGA card dari motherboard, bersihkan pin emas pada Vga Card dengan penghapus pensil, lalu pasang kembali VGA card tersebut. Biasanya dengan cara tersebut berhasil...

Power Supply :

Kerusakan power supply umumnya karena usia pakai hardware tersebut sudah mencapai batas waktu yang ditetapkan oleh produsen power supply, tanda-tanda kerusakan power supply ditandai dengan :

- Komputer susah hidup.
- Komputer tidak dapat hidup sama sekali,
- Komputer ketika nyala trus mati kembali.

Solusinya :

- Yang paling gampang dan cepat adalah dengan mengganti power supply yang baru dengan kualitas yang baik.

- Jika mengerti sedikit tentang elektronika, coba buka power supply tersebut lalu dilihat apkan ada alat kapasitor yang bengkak, atau mengelembung atau juga bocor, jika ada maka gantilah komponen kapasitor tersebut dengan yang baru, dgn cara tersebut biasanya power suplly berkerja kembali sedia kala, jika tidak berhasil maka ganti power supply tersebut dengan yang baru..

Hardisk :

Kerusakan pada hardisk umumnya disebabkan :
- usia pakai yang melewati batas,
- power supply yang kurang bagus,
- listrik yang tidak stabil
- tersengat petir
- mati lampu
- virus

Dalam kerusakan hardisk ini saya kategorikan 2 hal:
1. Kerusakan pisik hardisk
Kerusakan pisik hardisk, dimana hardisk tersebut tidak dapat berjalan seperti sedia kala, bios tidak dapat mendeteksi hardisk, umumnya kerusakan ini disebabkan power supply yang rusak atau kualitas kurang bagus, juga disebab sengatan petir melalui jala-jala listrik. Solusinya dengan mengganti hardisk tersebut dengan yang baru (umumnya jika hardisk rusak karena petir powersupply pun ikut rusak)

2. Kerusakan Software dalam Hardisk
Kerusakan software pada hardisk disebabkan mati lampu, dan virus, ini bisa diatasi dengan menginstal antivirus terbaru, lalu discan (jgn lupa uninstal antivirus sebelumnya) jika kerusakan disebabkan oleh virus, jika karena mati lampu, dan muncul eror or missing or currupt file system on C:\windows\system32\config

Solusinya : Masukan cd Original windows xp ke cd rom, boot komputer melalui cd, setelah sampai kepilihan menu instal, pilih repair, ketik angka 1 untuk windows direktori, nah dari sini mulai ketikan perintah dos command:

c:\windows\cd repair
c:\windows\repair\copy system c:\windows\system32\config tekan enter
c:\windows\repair\exit tekan enter


setelah melakukan perintah dos command tersebut komputer akan merestart dan system kembali kesemula tanpa instal ulang dan data juga program-program aman....!
Kerusakan-kerusakan umum pada komputer Kerusakan-kerusakan umum pada komputer Reviewed by Wahyumiftahulhuda on Oktober 09, 2013 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.