twitter
googleplus
facebook

Cara Mempercepat Kinerja Ubuntu dengan Optimalisi Swap

Seperti kita ketahui bersama, swap adalah area di dalam harddisk yang berfungsi sebagai virtual memori. Pada dasarnya, setiap program/data yang ingin diproses oleh CPU harus masuk RAM dulu. Sistem operasilah yang bertanggung jawab untuk memindahkan data dari harddisk ke RAM (dan sebaliknya). Kinerja dari hardisk sendiri cenderung lebih lambat dari kinerja memori, dari sini bisa disimpulkan waktu respon sistem operasi dan aplikasi yang bekerja juga akan melambat seiring penggunaan RAM yang besar. Disinilah peran aktif swap sebagai virtual memori sangat diperlukan.
Pada sistem operasi linux ubuntu, ada sebuah parameter bernama swappiness yang berfungsi untuk mengontrol kernel saat terjadi proses perpindahan data dari RAM ke area swap. Parameter swappiness bernilai 0 sampai dengan 100, dimana jika nilai swappiness=0 maka kernel diharuskan menahan selama mungkin perpindahan data dari RAM menuju swap, sedangkan jika nilai swappiness=100 maka kernel harus bekerja secepat mungkin untukmemindahkan data dari RAM ke swap.
Nilai default dari parameter swappiness sendiri di sistem operasi ubuntu adalah 60, sedangkan yang sangat direkomendasikan untuk ubuntu dekstop oleh para pakar sistem informasi adalah 10. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa anda coba untuk mengganti parameter swappiness agar ubuntu anda lebih maknyus dan joss tidak lelet seperti siput berjalan.

1. Cek nilai swappiness melalui terminal dengan perintah

cat /proc/sys/vm/swappiness
contoh outputnya:

ical@redhat:~$ cat /proc/sys/vm/swappiness 60
2. cara ganti nilai swappiness secara temporally, hal ini akan berakibat nilai swappiness kembali ke nilai semula jika sistem di restart

sudo sysctl vm.swappiness=10

Contoh hasilnya:

ical@redhat:~$ sudo sysctl vm.swappiness=10

[sudo] password for ical:

vm.swappiness = 10

3. Agar perubahan bersifat permanent silahkan edit file /etc/sysctl.conf dengan perintah
gksudo gedit /etc/sysctl.conf

kemudian cari baris vm.swappiness kalau tidak ada tambahkan sendiri baris berikut di bagian bawah file

vm.swappiness=10

Jika sudah selesai, simpan file tersebut kemudian restart system anda.

Selamat mencoba,
  • Title : Cara Mempercepat Kinerja Ubuntu dengan Optimalisi Swap
  • Labels :
  • Author :
  • Rating: 100% based on 10 ratings. 5 user reviews.
  • 0 komentar:

    Posting Komentar