twitter
googleplus
facebook

ARTIKEL PERKEMBANGAN INTERNET(ARTIKEL INFORMATIKA)

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INTERNET SEBAGAI PASAR DUNIA BISNIS GLOBAL

Perkembangan teknologi informasi, khususnya internet, telah memasuki hampir seluruh aspek kehidupan. Mulai dari dunia hiburan, pendidikan, hingga dunia  bisnis, telah memanfaatkan teknologi internet sebagai media pendukungnya.

Tahukah anda penemuan apa yang paling terpenting di abad 20 ini dan sangat berpengaruh pada kemajuan dalam berbagai sektor bidang di dunia?
7 % adalah TELEVISI, 11 % adalah TELEPON, Dan 82 % adalah KOMPUTER dan INTERNET.  Coba anda ambil majalah apa saja, lihat pada televisi, atau baca Koran apa saja dan media informasi di sekeliling anda. Kata “DOT COM (.com)” adalah yang paling sering di bahas. Jika kita melihat statistik pengguna internet di seluruh dunia dari tahun ke tahun mengalami peningkaan yang cukup signifikan.

Pada tahun 1998 terdapat 90,45 juta orang online, dan pada tahun 2005 pengguna internet mengalami peningkatan yang sangat besar yaitu 800 juta orang online, dan pada akhir tahun 2010 pengguna internet mencapai 2 milyar.
Pada tahun 1998 an, E-commerce menghasilkan $ 39 Milyar Dollar / tahun (atau sekitar Rp. 351.000.000.000.000 / per tahun) . Kemudian pada tahun 1999 mengalami peningkatan sebanyak $ 114 Milyar Dollar / tahun  (atau sekitar Rp. 1.026.000.000.000.000 / per tahun). Lalu pada tahun 2004 perputaran uang di internet mencapai $ 1.500 Milyar Dollar / tahun (atau sekitar   Rp. 13.500.000.000.000.000.000.-).

Tentu saja dengan angka perputaran uang yang sangat besar tersebut sangat berpengaruh pada bidang bisnis dan perkembangan ekonomi dunia. Dan memberikan peluang selebar - lebarnya untuk kita mendapatkan uang di internet.

Menurut majalah bisnis Amerika yaitu “Fortune” mengatakan : 40 orang terkaya yang berumur di bawah 40 tahun muncul dari bisnis internet. Jumlah itu mengalahkan berapa banyak orang yang kaya dari sektor bisnis lain. Apakah anda pernah mendengar nama seperti Bill Gates penemu Microsoft, Jeff Bezos pemilik Amazon.com mereka membangun kekayaan dari internet. Tahukah anda berapa penghasilan Bill Gates per detik? Dari sebuah buku yang saya baca mengatakan bahwa Bill Gates mencetak uangnya ± Rp. 12.500.000 / detik (atau $ 1.388 / detik), bagaimana jika per hari atau per bulan. Dan hebatnya lagi uang itu datang tanpa ia harus bekerja tiap detik, tiap jam, atau tiap hari. Bahkan saat dia tidur, sedang liburan,dan uang itu terus mengalir karena sebuah sistem dan internet yang bekerja untuk dia. Dan saat ini Bill Gates di nobatkan menjadi orang terkaya no. 1 di dunia.

Internet memang menawarkan beberapa kelebihan yang tidak diniliki media lainnya, antara lain:
·         Tidak terbatas pada ruang dan waktu
Internet dapat beroperasi 24 jam dan dapat diakses dari belahan dunia mana pun.
·         Cepat, mudah, dan murah.
Melalui internet komunikasi dan interaksi dua arah dapat dilakukan dengan sangat cepat dan sangat mudah dengan dukungan berbagai aplikasi yang user friendly walau terpisah jarak yang jauh. Selain itu biaya yang dibutuhkan juga lebih murah jika dibandingkan dengan media konvensional lainnya.
·         Dukungan teknologi yang terus berkembang.
Perkembangan teknologi yang sangat cepat dan semakin canggih membuat media internet semakin diminati dan meningkat jumlah penggunanya dari hari ke hari. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan jumlah pengguna jejaring social seperti facebook, twiter dan youtube dll yang sangat pesat.

Internet dapat diibaratkan sebagai pasar dunia. Dimana semua orang dari seluruh penjuru dunia dapat melakukan interaksi bisnis dengan cepat dan mudah. Di internet berbagai informasi tersedia dan dapat dengan mudah di temukan. Jika seseorang membutuhkan informasi tertentu, maka ia cukup mencari di internet. Bermodalkan mesin pencari (search engine) seperti: Google, Yahoo, Bing, dll, jendela informasi sudah dalam genggaman.

Melihat trend seperti ini, tak sedikit yang memanfaatkan internet untuk memasarkan berbagai produk dan jasa yang dapat ditawarkan. Transaksi bisnis melaui internet menawarkan berbagai kemudahan seperti mendapatkan informasi produk atau jasa dengan lengkap, menghemat waktu dan menghemat biaya. Maka dapat dipastikan mekanisme pasar antara penawaran dan permintaan, dan interaksi antara penjual dan pembeli dapat dengan mudah ditemukan dan berlangsung di internet.

PELUANG BISNIS DI INTERNET
Di internet setiap orang memiliki kesempatan yang sama dalam menawarkan segala jenis produk dan jasa yang mereka tawarkan. Bermodalkan website atau blogdan alamat e-mail saja, sudah dapat dengan mudah menawarkan produk atau jasa setara dengan perusahaan besar lainnya. Melihat trend pengguna internet yang terus meningkat di seluruh dunia dan kecenderungan para pengguna internet untuk melakukan transaksi bisnis di internet, tentu saja juga membuka peluang bisnis di internet.

Seiring perkembangan internet, pada sektor dunia bisnis saat ini mulai melirik internet untuk meningkatkan penjualannya. Banyak perusahaan besar di dunia rela menghabiskan milyaran dollar untuk membiayai iklannya di internet. Seperti perusahaan AMAZON.COM, CD NOW.COM, apakah anda fikir mereka mendapatkan jutaan dollar / bulan dari bisnisnnya? Ternyata TIDAK. Mereka rela menghabiskan ¼ dari pendapatkannya untuk beriklan di internet seperti banner, iklan di internet, iklan di Koran, iklan di televisi, dan bahkan iklan di sepak bola dunia. Berapa anggaran yang mereka keluarkan? tentunya sangat besar sekali. Itu baru contoh dari satu macam perusahaan, bagaimana jika terdapat ratusan ribu perusahaan?.Tentunya sangat besar anggaran yang mereka keluarkan untuk beriklan dan meningkatkan jumlah perputaran uang di internet.

Selain berbagai kemudahan dan kelebihan yang ditawarkan internet sebagai pasar bisnis dunia kita juga harus memperhatikan sisi lain dari kemajuan teknologi internet. Karena internet sebagai teknologi, tentu dapat menjadi pisau bermata dua bagi penggunanya. Di satu sisi dapat membawa kebaikan yang sangat besar dan di sisi lain  dapat membawa keburukan yang tak kalah dahsyatnya. Seperti maraknya kasus peredaran situs yang mengandung unsur pornografi dapat dengan bebas di akses oleh anak di bawah umur, maraknya penipuan di internet yang berkedok bisnis online yang sudah banyak korbannya yang merasa tertipu karena iming – iming uang yang banyak tidak di berikan sesuai janji saat di tawarkan dll.

Untuk itu kita harus selalu waspada dan selalu bijak dalam penggunaan internet dan bimbing anak2 kita yang sudah mengenal internet dalam kehidupannya agar tidak terseret arus yang salah dalam pergaulan dan konsumsi internet. Karena baik atau buruk penggunaan teknologi tergantung bagaimana manusianya sebagai pengguna yang dapat menentukan bagaimana dia dapat menjadikan internet sebagai sesuatu yang membawa manfaat atau sebaliknya.

Di karang oleh : Wahyu Miftahul Huda
NIM : 11018038
Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.
  • Title : ARTIKEL PERKEMBANGAN INTERNET(ARTIKEL INFORMATIKA)
  • Labels :
  • Author :
  • Rating: 100% based on 10 ratings. 5 user reviews.
  • 0 komentar:

    Posting Komentar