twitter
googleplus
facebook

Tugas Proyek sdata Aplikasi Antrian Pembagian Zakat Menggunakan Visual Basic 6.0


Pada kesempatan kali ini saya akan meng share hasil dari tugas proyek yang sedang kami kerjakan yaitu "Aplikasi Antrian pembagian zakat menggunakan Visual Basic 6.0". ok, langsung aja pada penjelasan.

A. Fitur Aplikasi 

Dalam tugas proyek kali ini kami mengusung tema aplikasi antrian pembagian zakat dengan menggunakan Visual Basic 6.0, kegunaan dari aplikasi ini antara lain dapat mengatur antrian dari beberapa orang,dengan menggunakan metode antrian (Queue), sehingga dalam pengaplikasian dalam kehidupan nyata dapat digunakan untuk mengatur antrian pembagian zakat yang sekarang ini belum dipakai di masyarakat.serta dilengkapi dengan suara urutan sehingga tidak perlu menggunakan suara operaor untuk menjalankan aplikasi ini. Kelebihan lainnya adalah aplikasi ini bersifat porable karena tidak perlu menginstall dahulu Visual Basic 6.0 untuk menjalankan aplikasi ini,langsung klik icon aplikasi antrian dan langsung running , untuk lebih lanjut mari kita bahas tentang fitur yang kami buat, untuk fitur :

1. Data di input secara manual dengan mengklik antrian

2. Aplikasi ini bersifat porable karena tidak perlu menginstall dahulu Visual Basic 6.0 untuk   menjalankan   aplikasi ini,langsung klik icon aplikasi antrian dan langsung running

3. Dilengkapi dengan suara untuk memanggil antrian(Queue) dan mengarahkan antrian ke loket yang disediakan(dequeue)

4. Ada menu “Ulang” untuk memanggil ulang para antrian.

5. Dapat dipakai untuk jumlah antrian yang banyak misal 100<1.000 sesuai yang dikehendaki

6. Menyediakan 2 loket pelayanan(Dequeue),dan dapat dirubah jumlah loketnya sesuai keperluan

Pembuatan aplikasi ini tentu banyak kekurangannya dari pada kelebihan , untuk kelebihan disini kami lihat dari quisioner pada saat pameran yaitu pada kemudahan dalam penggunaannya, untuk kekurangannya banyak sekali yaitu :


Kekurangan program kami kami tidak menggunakan dapa base,sehingga jika komputer di matikan atau proggram dimatikan, maka data yang telah ada akan hilang.
Tampilan apilkasi yang kami pakai masih bersifat monotone dan kurang imajinatif
Aplikasi kami masih tergolong sangat sederhana karena belum bisa di tambahi dengan fitur login,instal dan uninstal. Untuk itu kami melakukan open source agar proggram yang kami buat ini bisa lebih berkembang dan mudah diterima masyarakat.


Screen Shoot aplikasinya :

Untuk tampilan depan,tampilanya seperti ini



Kemudian untuk memulai antrian pilih “Tambah antrian


 Isi kolom jumlah antrian sesuai kebutuhan,lalu tekan “OK” kemudian klik “Start Antrian”.


Lalu sistem antrian dapat langsung dijalankan.


pada gambar diatas sistem akan mengarahkan antrian nomor 1 untuk masuk ke loket 1 dengan dipandu suara dari aplikasi ini. Jika ingin mengulang pemanggilan antrian kita dapat meng klik “Ulang


pada gambar diatas sistem akan mengarahkan antrian nomor 2 untuk masuk ke loket 2 dengan dipandu suara dari aplikasi ini. Jika ingin mengulang pemanggilan antrian kita dapat meng klik “Ulang” sama seperti proses diatas.



pada gambar diatas sistem akan mengarahkan antrian nomor 3 untuk masuk ke loket 1 dengan dipandu suara dari aplikasi ini. Jika ingin mengulang pemanggilan antrian kita dapat meng klik “Ulang


pada gambar diatas sistem akan mengarahkan antrian nomor 4 untuk masuk ke loket 2 dengan dipandu suara dari aplikasi ini. Jika ingin mengulang pemanggilan antrian kita dapat meng klik “Ulang



pada gambar diatas sistem akan mengarahkan antrian nomor 5 untuk masuk ke loket 1 dengan dipandu suara dari aplikasi ini. Jika ingin mengulang pemanggilan antrian kita dapat meng klik “Ulang”

Proses akan berjalan berurutan,, dimana nomor antrian ganjil akan dipandu untuk menuju ke loket 1 sedangkan nomor antrian genap akan diarahkan untuk menuju loket 2 . Dan proses akan terus berjalan sampai nomor urutan yang diinginkan sebelumnya habis.
Nah jika anda dapat mengeksplorasi sendiri jika anda tertarik dengan program ini, dan kami akan sangat terbuka pada saran dan kritik dari anda semua karena program ini sangat jauh dari sempurna. jika anda tertarik untuk mengembangkan program ini saya sangat berharap anda tetap menyertakan sumber dan nama pembuatnya, tunjukkan pada dunia bahwa kita adalah blogger Indonesia yang kreatif dan sportif.

untuk program aplikasinya bisa di download DI SINI


OK semoga bermanfaat dan salam blogger :D
  • Title : Tugas Proyek sdata Aplikasi Antrian Pembagian Zakat Menggunakan Visual Basic 6.0
  • Labels :
  • Author :
  • Rating: 100% based on 10 ratings. 5 user reviews.
  • 0 komentar:

    Posting Komentar